Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, November 23, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

5 Keuntungan Bekerja Sambil Kuliah

Topcareer.id – Bekerja sambil kuliah? Kenapa tidak. Meskipun butuh usaha ekstra untuk mempertahankan nilai yang bagus, namun ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan.

Seperti dikutip dari the balance, Selasa (1/10/2019), berikut 6 hal yang bisa membuatmu termotivasi untuk melakukannya.

Terbantu dari segi financial
Penghasilan yang didapat ketika bekerja, bisa kamu manfaatkan untuk membayar biaya kuliah, bahkan biaya kehidupan sehari-hari tanpa merepotkan orang tua.

Apalagi jika kamu dapat beasiswa, uang hasil jerih payahmu bisa kamu nikmati untuk hal bermanfaat lainnya. Hal ini juga dapat mencegah kamu untuk terlilit hutang dengan berbagai macam alasan.

Memberikan segudang pengalaman berharga
Bekerja sambil berkuliah akan menambah segudang pengalaman berharga buat kamu. Ketika kamu lulus, ini akan menjadi nilai plus karena kamu sudah mempunyai bekal pengalaman lebih dalam bekerja.

Sedikit informasi, ada banyak mahasiswa yang melanjutkan pekerjaan di tempat yang sama setelah mendapatkan gelar, lho.

Mengajarkan keterampilan manajemen waktu
Saat kuliah sambil bekerja, kamu akan dituntut untuk bisa mengelola waktu dengan baik dan benar sehingga keduanya tidak saling mengganggu dan merugikan. Keterampilan ini nantinya akan sangat berguna di masa mendatang.

Dapat meningkatkan nilai
Beberapa mahasiswa mungkin menyadari bahwa nilai mereka meningkat ketika mulai bekerja paruh waktu. Ini adalah hasil dari kemampuan mengatur dan merencanakan waktu belajar secara efektif.

Dapat bantuan dari tempat kerja
Ada banyak mahasiswa yang ditawari program bantuan biaya kuliah oleh perusahaan tempat mereka bekerja. Bukankah ini sangat menguntungkan? Gaji yang kamu dapat bisa kamu simpan atau kelola untuk membuat bisnis kecil-kecilan.

Jika kamu mempertimbangkan untuk bekerja sambil kuliah, sebaiknya pilih pekerjaan yang waktu kerjanya tidak bentrok dengan waktu kuliah.

Cari pekerjaan yang setidaknya mau menggaji kamu setara atau lebih dari upah minimum regional (UMR). Pertimbangkan juga untuk bekerja di perusahaan yang sesuai dengan jurusan yang kamu ambil.

Semoga sukses, ya!

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply