Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, November 21, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Karier Tidak Berkembang? Ketahui Cirinya untuk Kamu Perbaiki

Topcareer.id – Layaknya tanaman, karier juga dipupuk agar berkembang dengan baik. Jika kamu ingin tumbuh tinggi ke puncak, kamu harus benar-benar bekerja sebaik-baiknya.

Namun saat kariermu terlihat stagnan dan tidak ada tanda-tanda positif padahal kamu sudah melakukan segalanya, mungkin saatnya bagi kamu untuk melakukan penilaian dan mencari tahu apa masalahnya dan mengambil langkah untuk memperbaikinya.

Dilansir dari Pulse.ng, Selasa (01/10/2019), bagi kamu yang belum bisa mengetahui kapan kariermu mengarah ke jalan buntu, berikut ini beberapa tanda umum menunjukkan bahwa karier kamu macet.

Tidak ada perubahan tanggung jawab
Jika tanggung jawabmu dalam beberapa tahun terakhir tidak berubah dan tidak ada kemungkinan untuk berubah, kamu mungkin perlu berbicara dengan atasan. Sampaikanlah agar kamu tahu langkah apa yang harus dilakukan berikutnya

Tidak ada perubahan jabatan dan gaji
Dalam berkarier harus selalu ada peningkatan dalam jabatan dan gaji. Kamu telah berpindah dari satu perusahaan ke perusahaan lain namun tetap saja tidak ada perbedaan signifikan dalam gaji dan jabatanmu. Jika mobilitas kerjamu tidak diterjemahkan pada pengalaman kerja baru dan kenaikan gaji, perpindahan itu hanya merupakan perubahan lingkungan kerja.

Tidak mempelajari keterampilan baru
Jangan hanya duduk manis dan berharap segalanya menjadi lebih baik. Pelajari keterampilan baru untuk meningkatkan kualitas diri. Jika kamu tidak ingat kapan terakhir kali kamu belajar keterampilan baru di kantormu, maka kariermu tidak hanya akan stagnan, tapi juga akan membuat kamu tidak relevan lagi di perusahaan.

Kamu memiliki sedikit pekerjaan
Setiap orang dalam suatu organisasi memiliki tugas masing-masing. Tetapi beberapa orang cenderung memiliki lebih banyak tanggung jawab karena keterampilan, kompetensi dan relevansi mereka dalam organisasi. Jika pekerjaanmu tidak melampaui batas dasar, berarti kamu tidak berkembang pada pekerjaan itu.

Tidak diajak ikut diskusi
Jika atasan kamu tidak mengundangmu ke pertemuan penting tentang proyek, kampanye, atau kegiatan tambahan lainnya hingga yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaanmu, kamu harus khawatir dengan pertumbuhan kariermu.

Tidak ada yang meminta bantuan atau saran darimu
Orang-orang meminta bantuan dan saran dari orang yang mereka yakini memiliki solusi untuk masalah mereka. Jika rekan kerjamu tidak menganggapmu memiliki pengetahuan untuk memberikan jawaban atas pertanyaan yang ingin mereka tanyakan tentang pekerjaan, mereka pasti akan mengabaikanmu dan lebih memilih orang lain yang mereka lebih percayai kemampuannya.

Jika kehidupan pekerjaanmu terkait dengan semua atau beberapa tanda-tanda yang disebutkan di atas, kamu harus mulai berusaha untuk mengembangkan diri.

Jangan berkecil hati. Tidak ada kata terlambat untuk menjadi lebih baik dari apa yang sudah kamu lakukan. Dapatkanlah lebih banyak koneksi dalam networking-mu untuk membantumu meningkatkan skill dan mengembangkan dirimu. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply