Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, November 21, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Tahukah Kamu, Beda Pemimpin dan Manajer?

Topcareer.id – Apakah seorang manajer sudah pasti menjalani prinsip-prinsip sebagai seorang pemimpin? Ternyata ada perbedaan antara manajer dan pemimpin. Tidak semua manajer memiliki dan menanamkan prinsip-prinsip leadership dalam kepemimpinannya.

Penulis buku best seller Leadership Step by Step, Joshua Spodek, mengibaratkan perbedaan antara manajer dan pemimpin layaknya perbedaan antara barlari dan jogging. Mirip, namun tetap dikatakan berbeda, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangan.

“Keduanya melibatkan memotivasi dan mempengaruhi orang lain. Tetapi semua itu bisa ditingkatkan melalui pengalaman. Keduanya diperlukan,” kata Joshua Spodek seperti dilansir dalam Inc.com.

Perbedaan lain yang dibeberkan Joshua, yakni pengaruh yang diberikan oleh manajer berasal dari otoritas. Jadi, orang yang berada di bawah kepemimpinan manajer akan melakukan apa yang diinstruksikan, dan menghasilkan bentuk kepatuhan.

Sedangkan, seorang pemimpin bekerja dengan motivasi, sehingga orang yang dipimpin ingin melakukan apa yang disampaikan dari motivasi itu. Pengaruh pemimpin berasal dari keterampilan emosional dan sosial.

“Kepemimpinan tanpa manajemen seperti sedang bermimpi. Sebuah tim dengan kepemimpinan, tetapi tidak ada manajemen, maka beruntung jika bisa selesai di tiap pekerjaan yang dilakukan.”

Joshua menambahkan, manajemen tanpa kepemimpinan seperti birokrasi tanpa gairah. Sebuah tim dengan manajemen tanpa kepemimpinan itu jarang unggul, dan tidak ada orang yang suka bekerja di dalamnya.

Sementara, Human Capital General Services PT Astra International Auto 2000, Wie Tjung Sudarma mengatakan bahwa seorang pemimpin itu harus inspiratif sehingga orang-orang di sekitarnya bisa termotivasi.

“Manajer harus mengawal apa yang sudah diberikan dan harus bisa dituntaskan. Nah, kalau pemimpin itu pokoknya dia bisa menginspirasi, inspiratif,” ujar Tjung kepada TopCareer.id.  *

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply