Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, December 6, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Sering Telat ke Kantor? Ini Cara Jitu Manajemen Waktu untuk Kamu Coba

Topcareer.id – Apakah kamu termasuk orang yang sering telat datang ke kantor? Mungkin tak hanya ke kantor, tapi juga telat datang ke acara pertemuan lainnya. Hati-hati, sering telat bisa bikin kamu kehilangan kesempatan sesuatu yang penting, lho.

Bahkan, sering telat juga brisiko merusak kesehatan. Dari laman The Ladders, penelitian telah menunjukkan bahwa salah satu penyebab terbesar stres adalah keterlambatan. Nah, biar tak sering telat, berikut tips yang bisa kamu ikuti.

1. Pelajari cara mengatur waktu

Jika keterlambatan menjadi masalah serius dan berdampak pada pekerjaanmu, coba kursus manajemen waktu oleh perusahaan pelatihan misal. Pelajaran ini bakal melihat apa yang menyebabkanmu terlambat, memberikan saran tentang cara menetapkan prioritas. Juga membahas sejumlah teknik yang berguna untuk memastikanmu terus mengelola waktu secara efektif.

2. Katakan tidak, dan sungguh-sungguh

Meski kamu benci terlambat, hal itu akan terus terjadi jika kamu mengambil terlalu banyak proyek. Ini mungkin karena keenggananmu atau ketidakmampuan untuk mengatakan ‘Tidak’. Penting bagimu untuk belajar memprioritaskan tugas atau proyek ‘sampah’ yang tidak akan mencapai hasil.

3. Lepaskan

Melepaskan dan mendelegasikan bisa sangat sulit, jika kamu sangat ingin terlibat dalam membangun proyek. Tetapi, mengambil terlalu banyak tanggung jawab bisa menjadi akar penyebab keterlambatan. Jika kamu  memiliki bakat yang tepat, kolega atau staf akan memiliki keterampilan dan pengalaman yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan dengan benar.

Tugasmu adalah belajar untuk memiliki kepercayaan pada mereka dan meneruskan tugas. Jadi kamu bebas untuk fokus pada hal-hal lain seperti meningkatkan penjualan, misalnya.

4. Tidur yang lebih baik

Beberapa orang mungkin bisa hanya tidur lima jam. Tapi ada yang membutuhkan sekitar delapan hingga sembilan jam setiap malam. Yang lebih penting adalah kualitas tidur yang kamu dapatkan dan bukan jumlahnya.

Jika kamu sudah coba tidur tapi ternyata masih kesulitan, coba perhatikan cara-cara yang dapat meningkatkan kualitas tidurmu. Bisa jadi kamu membutuhkan kasur baru atau terlalu banyak cahaya masuk ke ruangan.

5. Hilangkan gangguan

Untuk menghentikan tugas yang memakan waktu lebih lama dari yang seharusnya, kamu harus menghilangkan sumber gangguan sehingga bisa fokus. Mungkin kamu bisa coba ke tempat yang sunyi sehingga tidak tergoda untuk melakukan percakapan dengan seorang rekan.

Atau, jika kamu merasa terganggu oleh email yang masuk, coba matikan semua browser, matikan ponsel atau notifikasi. *

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply