Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, November 23, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Bersepeda ke Kantor Banyak Untungnya, Kamu Sebaiknya Lakukan

Topcareer.id – Percayalah bahwa terjebak berjam-jam karena macet nggak baik untuk kesehatan. Duduk lama dalam lalu lintas saat perjalanan ke kantor bukan ide yang menyenangkan. Salah satu solusi sehat dan hemat, yakni bersepeda ke kantor.

Mengubah aktivitas fisik menjadi bagian penting yang masuk rutinitas harian kerja jika ingin tetap aktif. Dengan bersepeda, kesehatan, keuangan, dan lingkungan semuanya dapat bermanfaat. Berikut efek positif bersepeda ke kantor yang penuh manfaat.

1. Lebih hemat

Kamu mungkin akan menghabiskan setidaknya 3-5 liter bensin untuk sampai ke kantor dengan mobil, yang bisa memakan biaya Rp 30-50 ribu, belum kalau macet. Coba kalikan setahun, bisa dapat berapa hanya untuk bolak-balik kantor.

Belum ditambah biaya perawatan, parkir, atau asuransi di luar itu. Bandingkan dengan biaya perawatan sepeda yang mungkin kurang dari Rp 500 ribu. 

2. Meningkatkan kesehatan jantung dan kekuatan otot

Memulai dan mengakhiri hari dengan perjalanan aktif dapat meningkatkan kebugaran secara keseluruhan. Health Canada merekomendasikan orang dewasa melakukan kegiatan fisik selama 2,5 jam setiap minggu.

Para peneliti di Jepang dan Amerika Serikat menemukan bersepeda meningkatkan kebugaran jantung, dan membantu meningkatkan massa dan kekuatan otot. Itu terutama berlaku untuk orang tua.

3. Menurunkan risiko diabetes dan kanker

“Bersepeda sama seperti semua jenis aktivitas fisik. Aktivitas fisik secara teratur memberikan manfaat kesehatan seperti peningkatan kesehatan jantung dan pengurangan risiko diabetes tipe 2,” kata Gavin McCormack, seorang profesor di Fakultas Kedokteran Universitas Cumming di Calgary dalam laman Sun Life.

Bersepeda juga menurunkan risiko kanker tertentu, termasuk kanker payudara dan usus besar, serta menambah berat badan yang lebih sehat. Penelitian baru juga menunjukkan bahwa semakin sering bersepeda, maka semakin besar manfaatnya untuk jantung dan rendah risiko kanker usus besar.

4. Meningkatkan kesehatan mental

Semilir angin saat bersepeda serta kegiatan aktif dapat meningkatkan suasana hati. Manajer komunikasi Montreal, Rebecca Galloway merasakan hal ini tepat setelah dia mulai bersepeda tiga kilometer ke dan dari tempat kerja setiap hari.

“Saya selalu merasa lebih baik saat bersepeda. Udara segar menjernihkan otakku. Beberapa tahun yang lalu ketika tinggal di Toronto, saya ingat suatu hari yang panas terik di bulan Juli. Saya bersepeda saya, dan semua orang di atas kendaraan umum tampak sangat sedih dan berkeringat. Saya merasa bersyukur berada di atas sepeda saya hari itu!”

Manfaat kesehatan mental dari aktivitas fisik teratur melampaui meningkatkan suasana hati. Menurut McCormack, aktivitas fisik sedang hingga kuat setiap hari sudah cukup untuk menurunkan risiko depresi.

5. Membantu melindungi lingkungan

Mengemudi tidak hanya buruk bagi kesehatanmu, namun juga merupakan sumber utama emisi karbon. Di Kanada pada 2017, mobil penumpang dan truk ringan mengeluarkan 85,1 megaton gas rumah kaca. Itu hampir 12 persen dari seluruh emisi di Kanada tahun itu. Perjalanan pulang pergi Kanada rata-rata 50 menit menambah angka itu. Coba beralih ke transportasi yang ramah lingkungan, seperti bersepeda, mengecilkan jejak karbon dan membuat lingkungan lebih bersih untuk semua orang. *

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply