Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, November 23, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Gaji Kecil tapi Ingin Menabung? Ini Caranya

Topcareer.id – Semua orang tahu menabung itu penting. Menabung memang perkara sederhana namun memiliki efek luar biasa untuk masa depan.

Hanya saja saat gajimu berkepala dua atau tiga digit mungkin kamu akan lebih mudah menyisihkannnya untuk menabung. Namun bagaimana dengan yang masih berpenghasilan minim hanya sebatas UMR atau malah di bawahnya?

Dikutip dari Clark.com, Rabu (02/10/2019), berikut ini ada beberapa tips untuk menabung dengan gaji kecil.

Prioritaskan biaya tempat tinggal
Biaya untuk tempat tinggal biasanya merupakan yang paling berat setiap bulannya. Bagi yang masih kost, carilah tempat kost dengan biaya yang tidak terlalu tinggi. Jangan paksakan lokasi emas dan tempat mewah. Siasati dengan mencari lokasi biasa namun tidak terlalu jauh dan bangunan sederhana. Bagi yang memiliki rumah, perhatikan biaya untuk listrik dan air. Rawat rumah agar tetap bersih dan tidak rusak untuk menghindari over cost.

Hindari hutang
Jauhi kartu kredit dan promosi-promosi penjualan barang-barang yang menarik dan dapat dibayar dengan menggunakan metode bayar nanti atau paylater. Kamu mungkin merasa sanggup membayarnya, namun bunga dari cicilan pembelianmu sebetulnya akan menyiksa anggaranmu. Usahakan untuk segera melunasi sisa-sisa cicilan yang ada. Setelah semua selesai, sebaiknya gunakan uang yang ada untuk ditabung. Bukan untuk membayar hutang lagi.

Tekan biaya hiburan
Makan malam di restoran, pergi ke pusat hiburan malam, hingga belanja di mall tanpa rencana sebaiknya dikurangi, atau kalau bisa dihilangkan. Kamu bisa menggunakan uang yang biasa kamu alokasikan ke sana menjadi untuk menabung. Tetapi bukan berarti kamu terlarang untuk mencari hiburan, kamu bisa siasati dengan tentukan tanggal dalam satu kali sebulan untuk hiburan dan gunakan penawaran promo untuk menghemat uang.

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply