Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, September 22, 2021
redaksi@topcareer.id
Profesional

Stop Lembur! Ini 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Pulang Tepat Waktu

Topcareer.id – Bekerja terlalu berlebihan emiliki dampak tidak baik bagi para karyawan. Kesehatan salah satu faktor utama yang harus dipertimbangkan. Memiliki gaji tinggi bukan alasan untuk mengabaikan kesehatan diri.

Bahkan Albert Einstein seorang ilmuwan yang terlihat seperti tidak pernah beristirahat dari kerjanya mengembangkan ilmu pengetahuan fisika berkata, “Menjauhlah dari meja kerja Anda… bekerja berjam-jam buruk bagi kesehatan dan kreativitas Anda.”

Dilansir dari Theguardian.com, Rabu (02/10/2019), ada lima alasan mengapa kamu sebaiknya pulang tepat waktu.

Bekerja overtime berjam-jam buruk bagi kesehatan
Orang yang bekerja berjam-jam (lebih dari 55 jam seminggu), memiliki resiko terkena penyakit jantung lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang bekerja dengan jam kerja umumnya dari jam 9 pagi – jam 5 sore. Banyak yang menghubungkan jam kerja panjang dengan gaya hidup yang tidak banyak bergerak, kurang olahraga dan meningkatnya stres serta pilihan makan tidak sehat.

Bekerja berjam-jam tidak menguntungkan saldo rekeningmu
Bekerja lembur telah menjadi rutinitas bagi banyak pekerja. Tekanan di tempat kerja, keharusan hadir terlihat di tempat kerja, dan lembur tidak dibayar juga sudah menjadi budaya yang tidak bisa dihapus. Banyak karyawan mengatakan mereka tetap di kantor karena takut kehilangan pekerjaan jika mereka tidak menambah jam kerja.

Pekerjaan memakan waktu pribadi
Mudah untuk membuat asumsi bahwa mereka yang bekerja dengan jam kerja lebih lama berarti lebih produktif dan mendapat hasil lebih dari rekan-rekan mereka yang bekerja dengan jam kerja standar. Sebuah penelitian dari para peneliti di Universitas Boston mengungkapkan, perusahaan tidak dapat memastikan apakah seorang karyawan benar-benar bekerja atau hanya berpura-pura melakukannya. Penelitian tidak menemukan bukti bahwa jam kerja panjang berdampak pada jumlah pekerjaan yang dilakukan.

Memiliki cukup waktu di luar membuatmu lebih kreatif
Semua orang pernah mengalami mendapat solusi untuk situasi kerja tiba-tiba muncul di pikiran ketika melakukan sesuatu di luar pekerjaan. Banyak orang mengklaim mereka mendapatkan ide terbaik di kamar saat beristirahat bahkan di kamar mandi. Memiliki waktu keluar dari tempat kerja bisa menyegarkan pikiran dan menjauhkan diri dari masalah. Hal ini dapat meningkatkan kreativitas.

Bekerja hanyalah bagian dari hidup
Meskipun bagi banyak orang karier itu sangat penting, tetapi bekerja ber-jam-jam belum tentu menjanjikan kariermu akan meningkat. Namun meluangkan waktu di luar jam kerja untuk mengejar minat lain dan hobi bisa membuat kita lebih menarik sebagai manusia, dan memungkinkan kita untuk menempatkan aspek-aspek lain dari kehidupan kita ke dalam perspektif baru.

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan