Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, April 23, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Mengenal Tipe-tipe Hacker, Ada yang Baik dan Jahat

Topcareer.id – Seperti halnya ada orang baik dan jahat di dunia nyata dengan kepribadian mereka yang berbeda, jenis-jenis hacker (peretas) juga berbeda berdasarkan agenda, metodologi, dan praktik keterampilan mereka.

Bila di cerita Harry Potter ada penyihir baik dan penyihir jahat, di dunia retas-meretas pun ada hacker baik dan hacker jahat. Berikut beberapa tipe hacker yang perlu kamu tahu berdasar laman Malware Fox.

1. White Hat Hackers

White Hat Hackers juga dikenal sebagai peretas etis yang merupakan pakar keamanan siber yang membantu pemerintah dan organisasi. Mereka melakukan pengujian penetrasi dan mengidentifikasi celah dalam keamanan siber. Mereka bahkan melakukan metodologi lain dan memastikan perlindungan dari black hat hackers dan kejahatan dunia maya lainnya.

2. Black Hat Hackers

Ini kebalikan dari si topi putih. Black Hat Hackers adalah jenis peretas yang harus dikhawatirkan. Pernah mendengar berita tentang kejahatan dunia maya akhir-akhir ini? Salah satu black hat hackers mungkin ada di belakangnya. Peretas ini mencari kerentanan di PC individu, organisasi, dan sistem bank.

Dengan menggunakan celah apapun yang mereka temukan, mereka dapat meretas ke dalam jaringanmu dan mendapatkan akses ke informasi pribadi, bisnis, dan keuangan kamu.

3. Gray Hat Hacker

Peretas ini berada di antara black hat hackers dan white hat hackers. Meskipun mereka mungkin tidak menggunakan keterampilan mereka untuk keuntungan pribadi, bagaimanapun merela memiliki niat baik dan buruk.

Misalnya, seorang yang meretas ke dalam suatu organisasi dan menemukan beberapa kerentanan dapat membocorkannya melalui internet atau memberi tahu organisasi tentang hal itu.

Karena seorang gray hat hacker tidak menggunakan keahliannya untuk keuntungan pribadi, ia bukan black hat hackers. Juga, karena ia tidak diizinkan secara hukum untuk meretas keamanan siber organisasi, ia juga tidak dapat dianggap sebagai white hat hackers.

4. Script Kiddies

Istilah yang sering digunakan oleh peretas amatir yang tidak terlalu peduli dengan keterampilan pengkodean. Tujuan utama mereka adalah untuk mengesankan teman-teman mereka atau mendapatkan perhatian.

Namun, mereka tidak peduli belajar. Dengan menggunakan kode dan alat yang tidak tersedia, peretas ini dapat meluncurkan beberapa serangan tanpa mengganggu kualitas serangan. Serangan cyber yang paling umum oleh script kiddies mungkin termasuk serangan DoS dan DDoS.

Untuk diketahui, serangan DoS adalah jenis serangan terhadap sebuah komputer atau server di dalam jaringan internet dengan cara menghabiskan sumber (resource) yang dimiliki oleh komputer tersebut sehingga komputer tidak dapat menjalankan fungsinya dengan benar.

5. Green Hat Hacker

Peretas ini adalah amatir di dunia peretasan online. Pemula ini memiliki keinginan untuk menjadi peretas yang hebat dan sangat ingin tahu. Kamu mungkin menemukan mereka asyik di komunitas peretasan yang membombardir rekan peretas mereka dengan pertanyaan.

6. Blue Hat Hackers

Ini adalah bentuk lain dari peretas pemula yang agenda utamanya adalah membalas dendam pada siapapun yang membuat mereka marah. Mereka tidak memiliki keinginan untuk belajar dan dapat menggunakan serangan cyber sederhana seperti membanjiri IP-mu dengan paket-paket berlebih yang akan menghasilkan serangan DoS.

7. Red Hat Hackers

Red hat hacker memiliki agenda yang mirip dengan hacker topi putih, yakni menghentikan tindakan para peretas Blackhat. Namun, ada perbedaan besar dalam cara mereka beroperasi. Alih-alih melaporkan serangan jahat, mereka percaya akan menghapus black hat hackers sepenuhnya.

Red hat hacker akan meluncurkan serangkaian serangan cyber yang agresif dan malware pada hacker yang mungkin juga harus mengganti keseluruhan sistem. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply