Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, November 23, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Jenis Pekerjaan yang Bisa Dilakukan dari Rumah (Bagian 1)

Topcareer.id – Era digital ikut mengubah tren kerja. Salah satunya adalah kesempatan untuk bekerja dari rumah. Tren kerja dari rumah ini dinilai akan semakin seksi dan diminati.

Sebuah studi tahun 2017 dari Upwork and Freelancers Union, meramalkan bahwa lebih dari setengah tenaga kerja akan melakukan pekerjaan lepas pada dekade berikutnya. Pernyataan ini diperkuat dengan fakta bahwa hampir 50 persen milenium sudah lepas.

Berikut pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah seperti dikutip dari The Simple Dollar, Jumat (4/10/2019). Ini bagian pertama dari dua tulisan.

Asisten virtual

Pekerjaan asisten virtual berbeda secara drastis, tugas dapat mencakup menyusun dan merespons email, membuat dan mendistribusikan dokumen terkait bisnis, menanggapi pertanyaan media dan bisnis, menulis dan membuat konten, dan banyak lagiMeskipun bayarannya bervariasi, asisten virtual biasanya dapat mematok biaya antara USD15 dan USD75 per jam.

“Pekerja ini adalah kontraktor independen yang (dari lokasi terpencil, biasanya rumah atau kantor mereka) mendukung banyak klien di berbagai industri dengan menyediakan layanan administrasi, kreatif, dan teknis,” menurut Asosiasi Asisten Virtual Internasional.

Transcriptionist medis

Meskipun banyak transcriptionists medis bekerja untuk rumah sakit atau kantor dokter, sebagian besar dapat bekerja di rumah, dan pada waktu atau tempat yang mereka pilih. Tugas mereka meliputi mencatat dikte medis yang direkam, komputer, meja, dan lubang suara.

Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja (BLS), transcriptionists medis memperoleh upah rata-rata nasional USD 35.720 pada Mei 2016, atau USD 17,17 per jam.

Penerjemah

Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja, kebanyakan penerjemah melakukan pekerjaan mereka di rumah, dan seringkali di bawah deadline yang ketat. Meskipun beberapa membutuhkan gelar sarjana, persyaratan paling penting bagi para penerjemah tentu saja, kelancaran setidaknya dua bahasa.

Upah rata-rata nasional untuk karier ini adalah USD46.120 pada 2016, meskipun 10 persen pekerja teratas memperoleh rata-rata USD83.010.

Pengembang web

Sebagian besar penduduk masih kesulitan untuk membangun situs mereka sendiri. Itulah sebabnya mengapa banyak orang mencari nafkah dengan membangun situs web dan blog untuk orang lain.

Menurut BLS, sekitar 16 persen pengembang web merupakan wiraswasta pada tahun 2016, dengan sebagian besar mampu bekerja di rumah, atau di mana saja dengan laptop dan koneksi internet yang cepat. Upah rata-rata nasional untuk pengembang web adalah USD66.130 pada 2016, dengan 10 persen penghasilan tertinggi rata-rata USD119.550.

Biro perjalanan

Meskipun permintaan diperkirakan akan menurun selama dekade berikutnya, peluang masih ada untuk agen travel yang dapat memanfaatkan internet demi membantu klien merencanakan perjalanan.

Menurut BLS, prospek pekerjaan yang terbaik untuk agen perjalanan, yakni yang menawarkan keahlian  pengalaman merencanakan tur atau petualangan, atau yang fokus pada perjalanan kelompok. Agen perjalanan mendapatkan upah rata-rata nasional sebesar USD36.460 pada tahun 2016. *

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply