Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, November 15, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

4 Alasan Kamu Harus Pensiun Dini

Topcareer.id – Pensiun dini bukan untuk semua orang. Tetapi jika kamu memiliki tabungan lebih, pensiun dini mungkin akan menarik hatimu.

Melansir motleyfool.com, Kamis (03/10/2019), berikut beberapa alasan mengapa orang tertarik ingin pensiun sedini mungkin.

Coba lihat, apakah ini akan mengubah tujuan dan rencana pensiun kamu.

Menunda pensiun bisa berisiko
Alasan pertama untuk mempertimbangkan pensiun dini karena kamu tidak tahu berapa lama kamu akan hidup, sehat dan aktif. Banyak yang pensiun dini bukan karena mereka ingin, tetapi karena mereka concern dengan kesehatan.

Untuk alasan ini ada baiknya lebih agresif dalam menabung, dalam rangka membangun pondasi yang kuat untuk bekal pensiun.

Tidak menyukai pekerjaan
Membenci pekerjaan merupakan masalah yang akan meluas pada kehidupanmu, bahkan memengaruhi kesehatan fisik dan mentalmu.

Saat kamu memiliki tabungan yang sudah cukup, kamu bisa memutuskan pensiun dini untuk mulai menjalani kehidupan pribadimu dengan lebih sehat.

Produktif di masa pensiun dini
Kamu masih bisa produktif saat pensiun dini. Kamu bisa mengambil pekerjaan paruh waktu atau sekedar freelance yang minim tekanan untuk menambah tabunganmu.

Kamu bisa mulai tidur lebih baik juga, karena kamu tidak memiliki tekanan pekerjaan. Jika kamu lebih sehat, mungkin kamu bisa hidup lebih lama.

Menghindari kehabisan uang
Salah satu cara untuk mencegahnya dengan memanfaatkan sebagian besar dana pensiun dini kamu pada satu atau lebih anuitas tetap. Kamu dapat mengatur dirimu untuk menerima cek bulanan dan bahkan disesuaikan dengan inflasi dari waktu ke waktu.

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply