Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, November 23, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cara Ampuh Lebih Bahagia di Tempat Kerja

Topcareer.id – Untuk menjadi lebih bahagia di tempat kerja butuh usaha yang lebih pula. Berolahraga dan makan sehat merupakan jalan menjadi lebih bahagia di tempat kerja. Dan itu semua butuh latihan unutk dijadikan kebiasaan.

Berita baiknya, semakin banyak penelitian yang menunjukkan ada hal-hal sederhana dan konkret yang dapat kamu lakukan untuk membuatmu lebih bahagia di tempat kerja. Berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan seperti dalam laman Happier.

Mulailah hari dengan catatan yang baik

Dalam sebuah studi, peneliti menganalisis suasana hati dan kinerja perwakilan layanan pelanggan. Mereka yang berada dalam suasana hati yang baik di pagi hari, jauh lebih produktif di siang hari dan punya lebih banyak interaksi positif dengan pelanggan.

Coba luangkan beberapa menit untuk menikmati kopi, teh, cokelat panas, atau apa pun yang ingin kamu minum sebelum hari kerja dimulai. Nikmati, fokus pada apa yang kamu rasakan, dan luangkan beberapa menit untuk tidak melakukan hal lain.

Buat lebih sedikit keputusan

Kelelahan dalam pengambilan keputusan adalah nyata. Setiap keputusan yang kamu buat menghabiskan sumber daya kognitif, yang tentunya cukup melelahkan.

Letakkan beberapa bagian dari harimu dengan autopilot. Misalnya, melakukan hal yang sama untuk makan siang atau sarapan selama seminggu, lalu ganti. Contohnya, Steve Jobs mengatakan bahwa ia mengenakan pakaian yang sama setiap hari sehingga ia tidak akan menghabiskan energi untuk memutuskan apa yang akan dikenakan.

Sebelum mempertimbangkan sesuatu di tempat kerja, tanyakan pada diri sendiri apakah itu berdampak besar dan kamu memiliki pendapat yang kuat tentang hal itu. Jika kamu mengatakan “tidak” pada keduanya, maka ini mungkin peluang besar untuk tidak mempertimbangkan keputusan.

Bantu kolega

Membantu kolega membuatmu lebih bahagia di tempat kerja. Satu penelitian menemukan bahwa orang-orang di usia pertengahan 30-an yang sering membantu orang lain di tempat kerja, merasa lebih bahagia ketika ditanya tiga dekade kemudian.

Membantu rekan kerja tampaknya menciptakan siklus yang baik. Menurut penelitian lain, pekerja yang lebih bahagia membantu kolega mereka 33 persen, lebih banyak daripada mereka yang tidak bahagia.

Buat kemajuan dan akui itu

Para penulis mempelajari motivasi di tempat kerja dan menemukan bahwa salah satu penyebab paling kuat dari semangat kerja karyawan dan kebahagiaan di tempat kerja adalah merasa bergerak maju dan membuat kemajuan yang berarti.

Coba ini sebelum memulai hari kerja, tuliskan tiga hal kecil yang akan kamu selesaikan. Lebih baik dilakukan sebelum membuka email atau menelepon. Jika memiliki proyek besar, sulit untuk merasa seperti membuat kemajuan kecuali memecahnya menjadi bagian yang lebih kecil.

Akhiri hari kerja dengan syukur yang sederhana

Berita buruknya: Otak kita lebih mudah mengingat hal buruk daripada yang baik. Satu studi menemukan bahwa dampak negatif dari kemunduran di tempat kerja tiga kali lebih kuat daripada dampak positif dari membuat kemajuan.

Tapi, berita baiknya, kamu dapat melatih otak untuk lebih mengingat hal-hal positif.  Cara paling sederhana untuk melakukan ini adalah memikirkan sesuatu yang kamu hargai selama kerja seharian, lalu tuliskan.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa ketika orang melakukan ini secara teratur, mereka merasa lebih optimis dan merasa lebih baik tentang kehidupan mereka secara keseluruhan.

Kalau kamu sibuk, cukup buat ritual syukur sederhana di penghujung hari yang akan sulit dilewati. *

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply