Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, November 23, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Insomnia? Begini Cara Ampuh Non-medis untuk Mengatasinya

Topcareer.id – Hampir setiap orang dewasa pernah mengalami sulit tidur, terutama di malam hari. Gangguan tidur inilah yang dinamakan insomnia. Orang yang mengalami insomnia sering mengekluh sulit untuk tertidur atau justru sering terbangun jika sudah tertidur di malam hari.

Gangguan ini berakibat pada aktivitas siang hari. Sulit konsentrasi dan fokus adalah gejala yang paling umum timbul. Diikuti dengan kesulitan menngingat dan mengordinasikan gerak tubuh.

Gangguan insomnia bisa disembuhkan dengan cara medis dan non-meedis. Untuk cara medis kamu harus berkonsultasi dengan dokter. Sedang untuk cara non-medis, ada berbagai cara yang bisa dilakukan, di antara cara-cara berikut:

1.Olahraga secara rutin. Idealnya 4-5 jam sebelum waktu tidur kamu. Tidak usah terlalu lama, sekitar 20-30 menit sudah cukup.

2. Tentukan waktu yang tetap untuk tidur dan bangun setiap paginya. Jadikan hal rutin agar tubuh jadi terbiasa.

3. Pada sore hari, hindari konsumsi minuman berkafein. Contohnya, kopi, teh, atau minuman ringan bersoda. Merokok di malam hari juga sebaiknya dihindari.

4. Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur. BUkan untuk aktivitas lainnya, seperti menonton TV atau membaca buku. Dengan begitu, tubuh kamu akan terkondisikan untuk tidur begitu berada di tempat tidur.

5. Hindari tidur dalam kondisi lapar. Namun bukan berarti kamu makan sekenyang-kenyangnya, karena perut yang terlalu pennuh juga menyebabkan sulit tidur.

6. Hindari kebiasaan tidur siang. Apalagi dalam jangka waktu panjang. *

Catatan: Artikel ini pernah dimuat majalah Topcareer, edisi Mei 2012.

ade.irwansyah@gmail.com'
the authorAde Irwansyah

Leave a Reply