Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, October 24, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Pentingkah Memiliki Portofolio? Ini Benefitnya

Views

Topcareer.id – Secara umum, portofolio merupakan kumpulan dokumen seseorang, kelompok, lembaga, organisasi, perusahaan atau sejenisnya yang bertujuan untuk mendokumentasikan perkembangan suatu proses dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Portofolio dalam karier menunjukkan banyak hal. Mulai dari pendidikan, sejarah dan keterampilan kerja, referensi, dan banyak lagi. Portofolio juga bisa disebut sebagai bukti kualifikasi untuk membantu perkembangan karier.

Mengutip careertrend.com, Senin (07/10/2019), berikut beberapa keuntungan memiliki portofolio di dalam karier.

Penempatan kerja
Portofolio bisa membantu mendapatkan karier pilihanmu. Dalam wawancara, portofolio menunjukkan bukti keterampilan, pendidikan, pengalaman kerja, referensi, tujuan karier, dan pekerjaan yang sedang berjalan.

Dengan memberikan portofolio dan highlight hal-hal positif tentang kamu, perusahaan akan menganggapmu serius dalam berkarier.

Menunjukan progress
Portofolio membantu kamu untuk merencanakan langkah dan tujuan masa depan kariermu. Selain bisa menggunakan portofolio sebagai bukti, kamu juga jadi memiliki tempat untuk memamerkan kreativitasmu, serta terus menginspirasimu untuk terus bekerja keras.

Gaji dan kemajuan karier
Sebagian besar perusahaan memeriksa kemajuan karyawan mereka secara berkala, dan saat itulah portofolio karier dapat membantu. Kamu dapat menunjukkan keberhasilan yang telah kamu berikan untuk perusahaan, rujukan dan penghargaan dari perusahaan, dan semua pengalaman kerja.

Ini bisa mengarah pada kemajuan karier, bonus, bahkan penyesuaian gaji. Portofolio memberikan bukti nyata tentang kerja kerasmu dan memberi atasanmu rasa aman dengan dirimu sebagai karyawannya.

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply