Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, November 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Tren

Nobel Kedokteran 2019 Diraih 3 Ilmuwan Peneliti Oksigen

Topcareer.id – Piala Nobel bidang kedokteran tahun 2019 dianugerahkan kepada tiga ilmuwan William G. Kaelin, Jr, Peter J. Ratcliffe dan Gregg L. Semenza. Demikian diwartakan Associated Press, Senin (7/10/2019).

Dalam pernyataan yang dirilis resmi Panitia Nobel di Stockholm, Swedia, ketiganya menerima penghargaan atas penemuan mereka mengenai, “bagaimana sel merasa dan beradaptasi dengan ketersediaan oksigen.”

Dua ilmuwan Kaelin dan Semenza berasal dari Amerika Serikat. Mereka peneliti di Universitas Harvard dan Universitas Johns Hopkins. Sedangkan Ratcliffe berasal dari Inggris dan merupakan peneliti di Francis Crick Institute yang berpusat di London.

Piala Nobel ini merupakan yang ke-110 kali diberikan untuk bidang kedokteran. Pemenang berhak mendapat uang senilai 9 miliar kronor (setara USD 918 ribu atau sekitar Rp 13 miliar).

Komite Nobel mengatakan penemuan yang dilakukan ketiganya memiliki kemajuan dasar yang berarti bagi ilmu kedokteran, serta membukakan jalan menjanjikan strategi baru untuk melawan anemia, kanker dan berbagai jenis penyakit lain.” *

ade.irwansyah@gmail.com'
the authorAde Irwansyah

Leave a Reply