Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, November 21, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Beda Pendapat di Tempat Kerja? Begini Menyikapinya

Topcareer.id -Memiliki pendapat yang berbeda dengan rekan kerja atau klien dalam sebuah meeting bukanlah sesuatu yang harus dihindari.

Menangani sudut pandang yang berbeda dalam berpendapat justru merupakan salah satu seni dalam bekerja.

Mengutip economictimes.com, Rabu (09/10/2019) berikut cara menangani perbedaan pendapat yang baik di tempat kerja.

Mengedepankan rasa hormat
Ketidaksepakatan tidak boleh disalahartikan sebagai tidak hormat. Memahami hak untuk berbeda dalam berpendapat sebenarnya baik. Namun, mengedepankan rasa hormat tetap harus menjadi fondasi sehingga perdebatan ini tidak berakhir buruk.

Melihat lebih dalam
Ketika perbedaan pendapat terjadi, kurang tepat rasanya untuk hanya duduk dan menganggap bahwa orang lain salah.

Kamu perlu mendalami dan bertanya pada diri sendiri apakah kamu terlalu kaku dengan keyakinan sendiri? Cobalah menempatkan dirimu pada posisi orang lain, supaya kamu bisa memahami apa yang mengarahkan mereka pada pendapat ini.

Lakukan secara pribadi
Perselisihan kecil setiap hari merupakan bagian tak terpisahkan dari pekerjaan siapa pun. Ketika sampai pada topik sensitif, diskusi pribadi adalah pilihan terbaik. Bicaralah secara personal. Jika perlu bawa ke pihak ketiga yang sehat untuk meredakan situasi.

Mr. Nice guy
Tetaplah baik. Menanggapi perbedaan pendapat dengan balas dendam, sarkasme atau kemarahan tidak akan membuatmu lebih baik, ini hanya akan menjauhkanmu dari rekan kerja.

Jauhi media sosial
Ketika tidak puas dengan hasil meeting, hindari mengungkapkannya lewat media sosial. Melakukan hal ini hanya akan menambah masalah dan bisa menghambat perkembangan kariermu.

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply