Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Alasan Kenapa Laptopmu Sering Rusak

Topcareer.id – Dalam pekerjaan sehari-hari terlebih bagi yang mobile, laptop mungkin jadi investasi yang besar, jadi perlu dijaga agar kondisi selalu baik. Tapi seringkali kebiasaan buruk dalam pemakaian laptop membuat masa pakainya lebih pendek.

Berikut beberapa kebiasaan yang bikin laptop cepet rusak seperti dilansir dari laman Reader’s Digest.

Sering dipangku

Hanya karena disebut laptop bukan berarti kamu harus meletakkannya di pangkuanmu. Bahkan, meletakkannya di sana terlalu sering dapat mempersingkat masa pakai komputer. “Prosesor adalah otak dari komputer, dan itu menjadi sangat-sangat panas, dan perlu meluapkan panas ini di suatu tempat,” jelas Aaron Schoeffler, direktur operasi untuk Computer Repair Doctor dalam Reader’s Digest.

“Seringkali, kipas terletak di bagian bawah laptop, di mana ada sedikit ventilasi.” Tetapi jika ventilasi itu ditutupi oleh celana atau selimut, laptop Kamu bisa terlalu panas, atau debu mungkin mulai mengendap di dalam.

Tidak pernah dimatikan

Membiarkan laptop Kamu tak pernah dimatikan secara terus-menerus berarti kamu tidak mendapatkan pembaruan yang dibutuhkan komputermu. Sistem perlu tambalan untuk memperbaiki kerentanan atau meningkatkan kemampuan perangkat lunaknya.

“Sebagian besar tambalan itu tidak berlaku kecuali kamu me-restart komputer,” kata Trey Eiland managing partner di layanan dukungan komputer 5Q Partners. Dia merekomendasikan untuk mematikannya setidaknya sekali seminggu, meskipun lebih banyak lebih baik.

Membuka dari bagian layar

Mudah untuk membuka laptop dari bagian atas, di mana layarnya berada, tetapi ini bisa berarti berita buruk bagi komputer. Ada sekrup logam yang terpasang pada kotak plastik laptop, dan menarik sekrup itu dapat melonggarkannya.

“Secara alami, logam sedikit lebih kuat … dan menggerakkannya menyebabkan tekanan pada plastik. Jika terlalu banyak tertekuk, ia pada akhirnya akan patah atau lepas ke titik di mana ia mulai memburuk. Berbaik hatilah pada laptop dengan mengambilnya dari bagian bawah,” kata Schoeffler.

Tidak pernah compress data

Seiring waktu, file di laptop dapat menjadi terfragmentasi. Jika kamu memiliki laptop Windows, “defragging” komputer adalah cara mengompresi dan menyatukan kembali file-file tersebut sehingga komputermu tidak harus bekerja keras.

“Pada dasarnya, ini mengatur data pada hard drive dengan cara yang lebih efisien untuk laptop. Alat defragmentasi seharusnya sudah ada di komputer, jadi cukup ketikkan “defrag” di bilah pencarian dan itu akan muncul,” kata Eiland.

Selalu membuka sejuta tab

Untuk sebagian besar, laptopmu mungkin dapat menangani kebiasaanmu ketika membuka satu ton tab sekaligus. Membuat laptop bekerja keras untuk menjalankan jutaan tab yang terbuka dapat menyebabkan tekanan ekstra. “Semakin banyak prosesor bekerja, semakin banyak panas yang dihasilkannya, dan pada akhirnya itu akan mempersingkat masa pakainya,” kata Eiland. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply