Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, November 21, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ini Tantangan Menjadi Associate Producer Siaran Berita TV, Tertarik?

Topcareer.id – Salah satu cabang pekerjaan dalam sebuah program siaran berita TV adalah Associate Producer. Tanggung jawab seorang Associate Producer (AP) akan bervariasi dari satu proyek ke proyek lainnya. Tugasnya antara lain mengorganisir personel produksi, mengedit naskah, atau menulis item berita.

AP juga dapat memilih segmen video. Mereka juga dapat bertanggung jawab untuk memastikan bahwa segmen video atau audio berada dalam urutan yang benar untuk suatu siaran.

Bagi seorang Tina Agustari, Associate Producer di divisi pemberitaan ANTV, pekerjaan ini sangat menantang. “Saya harus merancang program, menyusun rundown siaran, mengorganisasi peliputan hingga penayangan konten. Saya dituntut untuk lebih kreatif, tidak hanya memperkaya liputan sendiri tetapi juga mengurus dan memperkaya liputan orang lain (reporter).” Kata Tina pada Topcareer.id.

Tantangan lain bagi seorang Associate Producer harus siap untuk ditempatkan pada beragam program acara dan harus dapat menjalankannya dengan baik.

Beragam program acara pernah dirasakan oleh Tina seperti program news bulletin, news variety, news magazine, talk show, investigasi dan docudrama.

Menurutnya semua program yang telah berhasil ia jalani dengan baik itu memiliki tantangan tersendiri yang menuntut creative treatment berbeda satu sama lain.

Tidak hanya dituntut kreatif untuk menangani bermacam program acara. Ada tantangan lain seperti wajib memperhatikan Kode Etik Jurnalistik (KEJ) serta Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS). Itu semua tidak boleh dilanggar dalam menjalani profesi sebagai Associate Producer. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply