Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, November 21, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ada Panggilan Psikotes di Trans 7? Ini Bocorannya

Topcareer.id – Dipanggil untuk psikotes di Trans7 dan belum melakukan persiapan? Sebelum kamu melangkahkan kaki untuk psikotes sebaiknya kamu simak artikel dibawah ini, karena jika tidak kamu bisa kaget dan tidak bisa menyelesaikan ujiannya.

O iya, artikel ini berdasar bocoran dari orang yang pernah mengikuti psikotes tersebut. Jadi valid infonya.

Saat kamu masuk ke ruangan untuk mengikuti psikotes, kamu terlebih dahulu diberi penjelasan singkat mengenai cara mengerjakan psikotesnya dan berapa lama waktu pengerjaannya. Jadi pastikan kamu mengerjakannya dengan cepat. Jangan sampai nengok kanan-kiri ya, selain membuang waktu, kamu juga bisa didiskualifikasi lho kalau ketahuan.

Soal psikotes

Pertama, soal psikotes sinonim dan antonim. Soal ini berfungsi untuk penilaian seberapa jauh kamu menebak dan memahami sebab-akibat dari suatu permasalahan. Untuk tes ini kamu dituntut untuk berpikir dengan logika yang cepat dan berkonsentrasi tinggi. Jadi mulailah perbanyak kosakata agar kamu bisa mengisi semua soal ini ya.

Kedua, kamu akan diuji dengan model soal Wartegg. Dalam tes ini kamu diminta untuk menggambarkan sesuatu dari bentuk yang sudah disediakan. Biasanya sih ada contoh gambarnya. Jadi kamu sudah bisa membayangkan apa yang akan kamu gambar dari gambar tersebut.

Ketiga, tes koran adalah tes kemampuan dasar menghitung cepat. Di dalam tes ini akan ada angka 1 sampai 9 yang tersusun ke bawah kertas. Cara menjawabnya adalah dengan menjumlahkan pertama dengan angka di bawahnya dan tuliskan jawaban kamu di sampingnya. Jika hasilnya bilangan puluhan kamu cukup menuliskan digit terakhirnya saja.

Keempat, tes penalaran. Dalam tes ini akan ada gambar. Nah disini kamu dituntut memahami pola-pola yang ada atau kecendrungan dengan melakukan prediksi berdasarkan pola gambar tersebut.

Kelima, kamu akan diminta menggambar 2 hal dan mendeskripsikan gambar tersebut, biasanya kamu akan disuruh menggambar pohon dan seseorang yang berprofesi. Jadi latih dan pikirkan dari sekarang apa yang akan kamu gambar.

Terakhir kamu akan diminta untuk menuliskan 7 kelebihan dan 7 kekuranganmu. Biasanya banyak peserta psikotes yang bingung untuk menjawab ini. Jadi persiapkan dan pikirkan apa kelemahan dan kelebihan kamu ya.

Oh iya, saat psikotes kamu tidak bisa membolak-balik kertas soal semau kamu. Karena setiap membalikan kertas ke lembar berikutnya harus menunggu instruksi dari pemberi kerja. Good luck, ya.*

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply