Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, November 13, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Bingung Mengatur Keuangan Pribadi Kamu? Coba Tips Ini (Bagian 1)

Topcareer.id – Baru gajian tapi uang sudah habis entah kemana? Itu tandanya kamu perlu menata ulang pengelolaan keuangan kamu.

Hidup jauh lebih mudah jika kamu memiliki keterampilan keuangan yang baik. Dilansir Thebalance.com, Minggu (13/10/2019), berikut beberapa tips supaya kamu tak terus-terusan kehabisan uang.

Bagian pertama dari dua tulisan.

Buat rencana anggaran bulanan

Banyak orang yang malas membuat rencana anggaran, sehingga semuanya tidak berjalan sesuai rencana. Padahal, mencatat dan merencanakan semua itu hanya membutuhkan waktu kurang dari satu jam, jadi kenapa tidak kamu lakukan?

Daripada berfokus bagaimana cara mendapatkan uang tambahan, lebih baik fokus dulu pada rencana anggaran di setiap bulan supaya tidak overbudget.

Menggunakan anggaran

Buku anggaran tidak berguna jika hanya kamu buat dan simpan di lemari sampai berdebu. Cobalah sering membukanya dan lihat apakah pengeluaranmu sudah sesuai dengan rencana awal kamu.

Jangan lupa untuk mencatat semua pemasukan dan pengeluaran, jadi kamu bisa tahu apakah bulan ini kamu untung atau rugi.

Batasi pengeluaran

Coba kontrol diri kamu supaya berhenti mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak terlalu diperlukan. Sebelum kamu membeli sesuatu, ingat lagi rencana anggaran kamu. Karena jika pengeluaran sudah sama dengan rencana yang kamu anggarkan, maka tujuan kamu untuk berlibur akan cepat tercapai.

Lacak pengeluaran

Terkadang tanpa disadari kamu suka membeli hal-hal kecil yang yang membuat kamu over budget. Lacaklah pengeluaran kamu untuk mengetahui tempat-tempat mana saja yang harus kamu hindari karena membuat kamu berbelanja sesuatu yang tidak perlu. Catat semuanya, sehingga kamu bisa mengidentikasi dan mengendalikan pengeluaran yang di luar dugaan.

Hindari pinjaman

Jangan hanya karena penghasilan kamu memenuhi syarat lalu mengambil pinjaman yang sebenarnya tidak kamu perlukan. Jika kamu mengambilnya, pikirkan secara matang-matang, apakah itu menjadi solusi ataukah hanya membebani kamu di kemudian hari.

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply