Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, November 23, 2019
redaksi@topcareer.id
Tren

Juarai AETP 2019, 4 Startup Lokal Siap Terbang ke Swiss

Topcareer.id – Asia Entrepreneurship Training Program (AETP) 2019 merupakan salah satu bagian dari kerja sama bilateral antara Swiss dan Indonesia. Acara ini mengumumkan 4 startup yang menang dalam program tersebut.

Startup itu antara lain Gradana, PT Botika Teknologi Indonesia, PT Svara Inovasi Indonesia dan Khaira Energy. Mereka berhasil menyisihkan 250 startup lainnya melalui perekrutan yang diadakan di 3 kota yaitu Malang, Yogyakarta dan Jakarta.

“Startup yang terpilih akan kami bawa ke Swiss untuk mengunjungi beberapa perusahaan, mempertemukan mereka dengan beberapa investor dan memperkenalkan market mereka di Swiss.” ujar Liasion Officer ASEAN, Alexander Epifanijanto kepada Topcareer.id di Hotel Mercure, Jakarta (11/10/2019).

Untuk mengikuti program ini tidaklah mudah. Startup harus memenuhi beberapa kriteria yang telah ditentukan.

Baca Juga: Lulusan Pendidikan Vokasi Banyak Menganggur, Apa Yang Salah?

Yang pasti, selain produk yang ditawarkan harus bisa diterima pada kancah international, startup juga harus memiliki core tim yang baik, ada juga persyaratan Minimum Viable Product (MVP) yang berarti produknya harus sudah dipasarkan meskipun belum mendapatkan keuntungan.

Mereka harus memiliki business plan 3-4 tahun, di mana mereka harus tahu tujuan dari pendapatan. Apakah untuk salary, softtware development atau pun marketing tools.

Terakhir, mereka harus mengerti investor apa yang mereka akan hadapi. Apakah venture capital, family growth, Social impact fund, atau coorporate investor.

Salah satu juri, Kiky Hendarin juga menjelaskan beberapa penilaian kepada startup yang akan dipilih ini.

“Jadi di grand final ini kita melihat bagaimana mereka menjual ide dan produknya itu ke calon investor, return of investmentnya kapan? Siapa pesaingnya? Sampai berapa lama umur produk ini?” ungkap Kiky.

“Jadi lebih dari sisi suistainable bisnis. kita juga harus melihat dari segi finance dan resiko yang akan muncul.”

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply