Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, November 21, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Pekerjaan Menumpuk? Ini 5 Cara Meningkatkan Produktivitas

Topcareer.id – Apakah kamu pernah merasa semua yang kamu rencanakan dalam daftar pekerjaan yang harus kamu selesaikan, akhirnya tertunda atau bahkan gagal?

Setiap orang yang bekerja pasti pernah merasa sulit untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Terkadang sangat sulit untuk mencapai target menuntaskan daftar list pekerjaan yang akan dilakukan.

Sebetulnya, kunci menjadi lebih produktif dalam mengerjakan semua tugas adalah mengelola waktu dengan baik. Tetapi kadang-kadang sulit bagi kita untuk menentukan permulaannya.

Terlepas dari siapa kamu dan apa pekerjaan, kamu harus tetap bisa mengelola waktu dengan baik. Berikut caranya seperti yang dilansir dari Forbes.

Baca juga: Pekerja Kantor Hanya Produktif 3 Jam Sehari, Sisanya Kemana?

1.Hentikan multitasking
Ketika mempunyai banyak tugas, janganlah berpikiran untuk menyelsaikan semua dalam satu waktu. Karena cara ini malah membuyarkan dan menghilangkan fokusa kamu dalam menyelesaikan tugas.

Menurut profesor ilmu saraf Earl K.Miller, “Multitasking tidak mungkin secara manusiawi. Kamu menipu diri sendiri jika kamu berkata kamu dapat menyelesaikan semua pekerjaan dalam satu waktu, atau menyelesaikannya dengan cepat dalam kurun waktu yang sebentar.”

2. Beristirahat
Kamu mungkin ingin menyelesaikan pekerjaan tersebut dalam suatu waktu, tetapi kamu tidak akan bisa menyelesaikannya jika tubuhmu kelelahan. Maka kamu butuh istirahat sejenak dari pekerjaanmu. Luangkan waktu 10-15 menit untuk beristirahat sejenak dari pekerjaanmu.

Sebuah studi menunjukkan istirahat teratur dapat membantu konsentrasi dan meningkatkan suasana hati. Mungkin kamu bisa mencoba dengan berjalan kaki selama 5 menit atau minum kopi sore.

3.Tetapkan target kecil
Terkadang, kita melihat target kita sangat luar biasa karena banyaknya. Dan itu bisa membuat stres. Tetapi jika kamu membaginya menjadi tugas yang lebih kecil, kamu akan merasa lebih terkendali dan akan lebih produktif. Jadi tidak terlalu menakutkan bukan?

4. Kerjakan tugas terbesar di waktu terbaikmu
Terkadang kita mengesampingkan tugas besar karena mungkin tidak yakin bisa melakukannya. Dan ketika akhirnya harus mengerjkannya, kita sudah panik duluan. Itu yang akhirnya biikin semua menjadi berantakan.

Menemukan waktu dan cara bagaimana menyelesaikan tugas besar adalah kunci sebuah proyek penting itu selesai tepat waktu. Tidak ada aturan baku kapan mulai mengerjakannya. Kalau kamu tipe orang yang aktif bekerja di pagi hari, maka segera kerjakan tugas besar itu.

5.Terapkan “aturan 2 menit”
Manfaatkan waktu kerja dengan memasang deadline singkat untuk pekerjaan-pekerjaan kecil. Menurut pengusaha Steve Olenski memanfaatkan waktu kerja dengan memasang target 2 menit selesai untuk pekerjaan ringan sangat menghemat waktu.

Memang tak semua pekerjaan bisa diselesaikan dalam dua menit, namun dengan memasang target pengerjaan kamu sudah selangkah maju untuk menyelesaikan tugasmu. Selamat mencoba. *

Penulis: Melisa Fitri
Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply