Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, November 15, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Yuk, Berantas Stres di Tempat Kerja Berbekal Kecerdasan Emosi

Topcareer.id – Menjalani profesi yang penuh tekanan bukan berarti harus ikut-ikutan stres. Kamu dapat menahan perasaan tertekan, emosi, hingga depresi jika sanggup melakukan kontrol diri serta meningkatkan rasa percaya diri. Cara ini dapat dilakukan dengan cara memahami kecerdasan emosi atau emotional intelligence.

Kecerdasan emosi, atau emotional intelligence adalah kemampuan mengatur dan memanfaatkan emosi dengan cara yang positif dan membangun. Kecerdasan emosi ialah bagaimana cara kamu berkomunikasi dengan orang lain untuk menjembatani perbedaan pikiran, memperbaiki rasa sakit hati, serta menurunkan tingkat stres.

Laman Helpguide.org mencatat 4 komponen utama kecerdasan emosi yang dapat kamu aplikasikan di tempat kerja.

1.Self-awareness – Kemampuan dalam menyadari emosi dan akibatnya saat mengikuti hawa nafsu dalam mengambil sebuah keputusan

2.Self-management – Kemampuan mengendalikan emosi dan sikap, serta beradaptasi terhadap perubahan kondisi.

3.Social-awareness – Kemampuan untuk merasakan, memahami, dan bereaksi terhadap emosi yang dirasakan orang lain, serta membangkitkan rasa nyaman di lingkungan sosial.

4. Relationship management – Kemampuan untuk mempengaruhi, menjalin hubungan, dan menginspirasi orang lain, serta menangani konflik.

Untuk mendapatkan keempat komponen di atas, kamu perlu mengembangkan pola komunikasi emosional dan nonverbal yang meliputi 5 unsur berikut:

a. Belajar mengenali cara kamu sendiri dalam menangani stres dan mengakrabkan diri dengan hal-hal yang dapat menenangkan serta memberi energi positif pada dirimu.

b. Ingat-ingat pengalaman dalam menangani masalah emosional dalam internal diri kamu agar dapat menangani emosi secara tepat. Mengerti apa yang kamu rasakan tak hanya menambah rasa percaya diri dan meningkatkan kontrol diri, namun juga menambah pemahaman dalam menghadapi rekan kerja. Hal ini juga bermanfaat dalam mempererat hubungan dengan orang lain.

c. Belajar mengenali dan menggunakan isyarat nonverbal yang dapat “mempercantik” cara kamu berkomunikasi. Isyarat-isyarat nonverbal seperti kontak mata, ekspresi wajah, nada bicara, gestur, dan sentuhan fisik dapat meningkatkan kenyamanan dalam berinteraksi.

d. Tingkatkan sense of humor. Tak ada pemecah stres yang lebih baik dari tertawa sekencang-kencangnya. Tak ada yang mampu menurunkan level stres yang lebih ampuh dari humor. Tapi jangan sampai menertawai kesusahan teman kantor, ya!

e. Belajar mengarahkan konflik dengan cara menjadi pendengar yang baik dan hadapi konflik tanpa rasa takut. Setiap perbedaan harus dicari jembatannya agar hubungan antar individu bisa semakin kuat.

Semakin banyak kecerdasan emosi yang kamu miliki, semakin banyak pula konflik yang dapat kamu hindari di tempat kerja. Kamu juga tak perlu khawatir, kecerdasan emosi bukan bawaan lahir, sehingga dapat dipelajari semua orang, termasuk kamu. *

ade.irwansyah@gmail.com'
the authorAde Irwansyah

Leave a Reply