Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, May 3, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Jangan Takut dengan Robot

Topcareer.id – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyebut masyarakat tidak perlu resah dengan kehadiran robot. Menurutnya, eksistensi robot tak bakal menggantikan peran manusia. Justru, perkembangan teknologi revolusi industri yang salah satu implementasinya adalah robot, akan menghasilkan suatu proses yang efisien.

“Pemikirannya bukan merobotkan semua orang, bukan menggantikan semua orang dengan robot. Tapi membuat suatu proses lebih efisien,” kata Menteri Rudiantara saat menghadiri Robokids Fest yang digelar oleh Rumah Robot Indonesia di One Belpark Mall, Minggu, (13/10/2019).

Lebih lanjut, Menkominfo menjelaskan bahwa Revolusi Industri 4.0 merupakan implementasi dari perkembangan teknologisasi dengan hadirnya internet of things (IOT), artificial intelegent, big data analytics, machine learning dan perkembangan teknologi lainnya.

Dari perkembangan industri teknologi tersebut, salah satu ekosistem yang berperan ke depannya adalah robotik. “Jadi tidak usah takut orang tergantikan oleh robot, karena justru kita butuh proses yang baru, kita butuh keterampilan baru. Kalau kita tidak digantikan robot nanti prosesnya begitu-begitu saja,” ucap Menteri Rudiantara.

Menkominfo sendiri berharap, untuk mengembangkan industri robot di Indonesia tidak hanya dilakukan oleh pemerintah, tetapi juga lembaga-lembaga non-pemerintah. “Biasanya kalau dua-duanya jalan (pemerintah dan non-pemerintah), kita akan cepat karena robotik itu satu dari delapan dari teknologi industri revolusi 4.0 yang harus kita kuasai,” imbuhnya **

the authorRetno Wulandari

Leave a Reply