Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, November 15, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Cara Menghindari Efek Buruk Terlalu Lama Duduk

Topcareer – Mengapa duduk berbahaya? Tubuh kamu ternyata mengalami perubahan fisiologis tertentu saat tidak digunakan.

Misalnya, ketika otot-otot besar di bagian bawah tubuh tidak berfungsi, ketidakaktifan akan mengirimkan sinyal ke otak kamu yang mengubah metabolisme.

Perubahan-perubahan ini menyebabkan peningkatan kadar gula darah dan memiliki sejumlah efek buruk, mulai dari obesitas, hingga peningkatan risiko kanker di kemudian hari.

Dilansir dari moneycrashers.com, Jumat (18/10/2019), duduk juga menyebabkan aktivitas listrik di otot kamu melambat. Saat duduk, tubuh hanya membakar satu kalori per menit. Ini hanya sepertiga dari apa yang terbakar saat berjalan.

Mengurangi lama waktu duduk relatif mudah dilakukan, hanya perlu melakukan beberapa perubahan dalam rutinitas kamu, terutama ketika kamu sedang bekerja.

Bagaimana cara mengatasi masalah duduk terlalu lama? Coba lakukan hal berikut.

Gunakan standing desk
Ini konsep yang sederhana, dan banyak orang beralih ke standing desk. Meja-meja ini tidak hanya membantu kamu tetap fokus, namun juga memungkinkan kamu untuk membakar kalori. Kamu juga bisa memodifikasi meja menjadi lebih tinggi sehingga memaksa orang untuk menggunakannya sambil berdiri.

Baca juga: Hasil Riset: Duduk terlalu Lama Sama Bahayanya dengan Merokok

Minum dari gelas kecil
Kamu jadi harus lebih sering beranjak dari meja kerja di kantor jika kamu menggunakan cangkir kecil untuk minum air atau kopi. Gunakan trik ini selama hari kerja. Karena dengan sering bangun untuk mengisi ulang air, kamu akan bergerak lebih banyak.

Ambil waktu untuk bergerak
Buatlah tujuan untuk bangkit dari meja kerjamu dan bergerak setiap 15 hingga 20 menit, atau selama 5 hingga 10 menit setiap jam. Kamu bisa gunakan timer untuk mengingatkanmu bergerak. Berjalanlah di sekitar kantor saat sedang menelepon, atau lakukan beberapa peregangan.

Hindari terlalu nyaman
Kenyamanan kadang membuat orang malas untuk bergerak dari tempat duduk. Untuk menyiasatinya, cobalah kurangi teknologi atau fasilitas yang biasa kamu dapatkan.

Misalnya, jangan gunakan messenger untuk berbicara dengan kolega, berjalanlah ke meja mereka. Hindari juga menggeser tubuh di atas kursi dengan roda untuk mengambil file.

Jika kamu bepergian naik bus atau kereta api ke tempat kerja, turunlah lebih awal dan berjalanlah di sisa perjalanan.

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply