Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, November 13, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

5 Sikap Tubuh yang Jadi Perhatian Para HRD saat Wawancara

Topcareer.id – Saat wawancara kerja, bukan hanya pertanyaan saja yang menjadi faktor penentu layak atau tidaknya seseorang diterima di sebuah perusahaan. Gerak tubuh kamu ternyata juga menentukan lho.

Seperti dikutip dari Fastcompany.com, Senin (21/10/2019), berikut gerakan tubuh yang menjadi perhatian para HRD saat wawancara.

Mata
Sebagian HRD mengatakan kontak mata yang buruk bisa membuat kamu kehilangan pekerjaan dalam sebuah wawancara. Jika saat diwawancara kamu hanya menunduk atau melihat lingkungan sekitar, itu memberi sinyal kepada HRD bahwa kamu kandidat yang kurang percaya diri.

Senior human resource specialist, Crystal Barnett menganjurkan untuk tetap menjaga kontak mata saat mendengarkan pewawancara berbicara. Dan jika pewawancara lebih dari satu, sebaiknya kamu menjaga kontak mata dengan orang yang mengajukan pertanyaan.

Baca juga: Pertanyaan yang Muncul dalam Wawancara Beasiswa

Tersenyum
Jangan sampai lupa senyum saat melakukan wawancara, karena hampir 40% HRD mengungkapkan lupa tersenyum adalah tanda bahaya dan menjadi salah satu kesalahan terbesar.

Cobalah untuk memberikan senyum dengan tulus. Itu akan memberikan kesan baik bagi pewawancara. Clinical assistant professor of management and business law at Indiana University, Kelley School of Business, Charlotte Westerhaus-Renfrow mengungkapkan, tersenyum selama wawancara juga dapat mengurangi stres.

Terlalu banyak gerak
Sebagian pencari kerja menutupi kegugupan dengan melakukan gerakan saat wawancara. Bergerak boleh, tapi jangan berlebihan! Itu akan membuat kamu dianggap sebagai pengganggu, dan ini bisa memperkecil peluang kamu diterima kerja.

Jika kamu gugup, sebaiknya kontrol diri kamu untuk tetap tenang dan cobalah rileks dengan meletakkan kaki rata di lantai dan tangan di pangkuan.

Baca juga: Wawancara Kerja? Ini Cara Jawab `Seberapa Baik Kamu Bekerja di Bawah Tekanan?`

Menyilangkan tangan
Sebagian orang percaya menyilangkan tangan merupakan tanda kebosanan, namun ada juga yang berpikir itu tanda kedinginan atau cara supaya nyaman saat duduk atau berdiri.

Karena hal ini dapat memiliki banyak arti, dan kamu tidak mau pewawancara berpikir negatif. Jadi sebaiknya jangan silangkan tangan kamu saat wawancara ya.

Postur
Postur tubuh yang buruk juga dapat menjadi bendera merah saat wawancara. Pewawancara biasanya suka dengan kandidat yang duduk tegak saat duduk di kursi. Hal itu akan menunjukan bahwa kamu bersemangat dan siap untuk mempelajari semua hal.

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply