Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, November 13, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Alasan Kamu Tak Kunjung Raih Promosi Jabatan

Topcareer.id – Ada yang baru sebentar bekerja tapi sudah dipromosikan oleh atasan. Ada juga yang sebaliknya.

Ketika bekerja sudah lebih dari ekspektasi tapi tak kunjung dapat promosi, apa yang harus dilakukan?

“Kerjakan pekerjaanmu sebaik mungkin, dan setiap tiga bulan sekali berikan kami (perusahaan) kejutan yang ekstra. Justru ketika kamu melebihi harapan kami, kamu akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan peran yang lebih besar,” kata Ian Siegel, CEO of ZipRecruiter dalam laman CNN Edition.

Jika kamu berpikir sudah melakukan semua itu namun belum juga menuai hasilnya, berikut beberapa alasan kenapa kamu tidak dipromosikan,

Kamu enggak minta

Manajer tentu bertanggung jawab atas banyak orang. Jadi, kamu mungkin harus menjadi orang yang menempatkan pertumbuhan kariermu dalam radar manajermu. Jangan malu untuk berterus terang meminta dipromosikan.

“Jadikan itu topik pembicaraan yang sebenarnya. Kamu perlu membagikan aspirasi secara terbuka dan khusus kepada atasan. Tanyakan apa yang harus kamu lakukan untuk dipromosikan” kata Joel Garfinkle, pelatih eksekutif dan penulis Getting Ahead: Three Steps untuk to Take Your Career to the Next Level.

Baca juga: Tidak Dapat Promosi, Begini Menyikapinya

Tidak punya keterampilan kepemimpinan

Melakukan pekerjaan dengan baik menunjukkan bahwa kamu adalah eksekutor, tetapi bukan berarti kamu bisa jadi pemimpin yang baik.

“Bekerja keras tidak berarti kamu akan dipromosikan. Kamu harus menunjukkan bahwa kamu akan menjadi lebih baik bagi perusahaan di tingkat yang lebih tinggi,” kata Kathy Caprino, karier dan pelatih eksekutif.

Kamu perlu menemukan cara untuk menunjukkan kemampuan kepemimpinanmu. Misalnya, angkat tugas baru untuk memimpin, coba ajukan diri untuk mengelola proyek baru, atau secara sukarela mengajar sesi di tempat kerja di bidang keahlianmu.

Terlalu rendah hati

Atasanmu mungkin belum paham kenapa kamu harus mendapat promosi. Tidak ada yang suka pembual, tetapi kamu harus bisa menunjukkan kerja keras dan prestasi. Menurut Garfinkle, kurangnya visibilitas dapat menjadi rintangan untuk promosi.

“Jangan menganggap bahwa kerja kerasmu akan diperhatikan. Pelajari cara menyombongkan diri secara efektif. Miliki pola pikir bahwa kamu suka berbagi fakta,” ujar dia.  

Garfinkle menyarankan untuk memberikan laporan kemajuan secara teratur kepada atasan tentang proyek.

Baca juga: Raih Promosi Jabatan dengan 3 Langkah Tepat

Kamu tidak memiliki hubungan yang baik

Sangat penting bahwa orang-orang di atas dan di bawah kamu menghormatimu. “Jika bosmu tidak menyukaimu, kamu tidak mendapat promosi,” kata Caprino.

Menjadi pemain tim juga sangat penting. Blair Decembrele, seorang pakar karir untuk LinkedIn mengatakan, bekerja dengan baik secara tim sangat penting bagi orang untuk melihat apakah kamu bisa menjadi mitra kerja yang berharga. Membangun mentor dan sponsor di seluruh perusahaan juga dapat membantu menaiki tangga karier.

Tak persiapkan diri untuk dipromosikan

Menjadi ahli dalam apa yang kamu lakukan tidak berarti kamu siap untuk naik ke tingkat berikutnya. Jangan hanya melihat deskripsi pekerjaan dari tugasmu saat ini. Tinjau kembali tanggung jawab peran di atasmu dan cari celah dan area di mana kamu dapat meningkatkannya.

“Lihatlah level berikutnya dan apa yang dibutuhkan posisi itu. Kemudian lihat keahlianmu saat ini dan kemampuan untuk melakukan posisi itu. Bekerjalah untuk menutup celah itu,” rekomendasi Garfinkle.

Editor: Feby Ferdian

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply