Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, November 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Sosok

Mengenal Kaisar Jepang Naruhito yang Dinobatkan Hari Ini

Dok. CNN

Topcareer.id – Selasa, 22 Oktober jadi hari bersejarah buat Jepang. Hari ini, Naruhito resmi dinobatkan sebagai kaisar negeri sakura, menggantikan ayahnya Akihito.

Sebetulnya, sang putra mahkota berusia 59 tahun itu telah menduduki kursi kekaisaran usai sang ayah memilih turun tahta awal Mei lalu di usia 85 tahun atas alasan kesehatan. Ini memicu preseden yang tak pernah terjadi dalam 200 tahun. Sebab, di Jepang kaisar memimpin negara hingga wafat.

Namun, parlemen Jepang membuat aturan legislasi khusus yang memungkinkan kaisar turun tahta di tengah masa jabatan. Maka, sejak 1 Mei Jepang memasuki era kekaisaran baru di bawah Naruhito yang mereka namai era “Reiwa”.

Baca juga: Jelang Pengumuman, Berapa Gaji Menteri Presiden Jokowi?

Nah, meski Naruhito telah jadi kaisar selama enam bulan, namun pengangkatannya belum resmi. Ia harus melakukan sejumlah ritual, termasuk penobatannya pada Selasa ini.

Dok. New York Times

Saat itulah, sambil mengenakan jubah kebesaran warna oranye, yang hanya dipakai kaisar di momen khusus, Kaisar Naruhito duduk di Singgasana Takamikura yang tingginya hampir tujuh meter. Di momen itu, sang kaisar akan menerima penobatannya dalam sebuah pidato singkat.

Acara penobatan Kaisar Naruhito dikatakan dihadiri perwakilan dari 190 negara yang terdiri dari dari para raja dan pangeran serta presiden dan perdana menteri. Pemerintah Indonesia mengutus Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin menghadiri acara tersebut. Laman Time menyebut acaranya dihadiri dua ribu tamu undangan.

Yuk, kenali sosok Kaisar Naruhito di halaman berikut —>

ade.irwansyah@gmail.com'
the authorAde Irwansyah

Leave a Reply