Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, November 13, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Dapat Kerjaan Tambahan Dari Bos? Begini Cara Menolaknya

Topcareer.id – Sungkan mengatakan “tidak” ketika mendapat tugas ekstra dari bos, padahal tugas kamu sudah menumpuk seperti gunung di meja kerja?

Dilansir dari classycareergirl.com, Rabu (23/10/2019), ada beberapa cara untuk menolak secara halus, Yuk, kita simak!

Jelaskan beban kerja kamu
Mendapat kerjaan ekstra? Mungkin bos kamu tidak mengetahui beban kerja yang kamu miliki. Jadi jika kamu mendapat pekerjaan tambahan, beri tahu apa saja yang harus kamu selesaikan beserta dengan tenggat waktunya! Mungkin bos kamu akan memberikan tugas ekstra ini ke rekan kerja kamu yang sedang nganggur.

Hargai peluang
Akan lebih baik jika kamu menunjukan rasa antusias pada pekerjaan atau proyek tambahan yang diberikan. Lakukan percakapan positif dengan memberitahu bahwa kamu dapat menyelesaikan tugas tambahan itu setelah menyelesaikan pekerjaan kamu saat ini. Ini akan membuat kamu terlihat kompeten walaupun beban pekerjaan kamu seabrek.

Bicarakan tugas prioritas
Jika bos kamu terus memberi pekerjaan tambahan, lagi dan lagi. Ada kemungkinan dia lupa tentang tugas yang sudah diberikan kepada kamu sebelumnya. atau prioritas pekerjaan telah berubah.

Untuk mengatasi situasi seperti ini, berkomunikasilah secara terbuka dengan bos kamu untuk membahas prioritas setiap tugas yang diberikan. Setelah semuanya jelas, kamu akan dapat bekerja lebih produktif tanpa merasa terbebani atau khawatir dengan tenggat waktu yang ditentukan.

Beri saran alternatif
Kerjaan sudah menumpuk di meja, tapi bos kamu tetap memberikan pekerjaan tambahan? Coba bicarakan dan cari solusi agar pekerjaan tambahan bisa selesai dengan tepat waktu.

Kamu mungkin tidak dapat membantu secara langsung, tapi kamu dapat membantu dengan cara lain. Misalnya menyarankan rekan kerja kamu yang mungkin bisa mengerjakan tugas tersebut.

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply