Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, November 13, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Kerja, Kuliah dan Wirausaha. Bagaimana Cara Atur Waktunya?

Topcareer.id – Kamu karyawan yang juga kuliah sambil mengelola toko online? Bila iya, manajemen waktu merupakan tantangan tersendiri. Namun bila menjadi entrepreneur sambil tetap kuliah telah jadi pilihanmu, maka kamu wajib melakukan keduanya dengan profesional dan penuh tanggung jawab.

Para stakeholders, teman, keluarga, hingga mitra bisnis dan pelanggan, bahkan dosen pasti berlomba-lomba mendapatkan waktu kamu. Ini tidak mudah untuk mencapai keseimbangan antara pekerjaan, kehidupan pribadi, dan kuliah.

Mengutip Futurefounders.com, Selasa (22/10/2019), untuk membantu kamu menjadi lebih sukses mengelola waktu, ada beberapa tips yang bisa kamu coba terapkan.

Baca juga: Begini Cara untuk Tetap Bertahan Jadi Entrepreneur

Prioritaskan untuk tetap terorganisir
Menetapkan prioritas merupakan kunci untuk tetap terorganisir. Penting untuk mengetahui apa yang harus dilakukan segera. Prioritaskan hal-hal sesuai dengan kepentingan. Ini memungkinkan kamu untuk menentukan secara objektif bagaimana membagi waktu. Mengikuti daftar prioritas sebagai jadwal bisa membantumu mengelola stres dan mengerjakan banyak tugas sekaligus.

Belajar mengatakan tidak
Selalu ingat bahwa waktu kamu sangat berharga. Meskipun mungkin ada banyak hal yang ingin kamu lakukan. ingatlah bahwa waktu kamu terbatas. Jangan melakukan hal-hal yang tidak kamu sukai. Jangan mengambil kegiatan tidak penting, dan sebaiknya tidak bergabung dengan gang sosialita yang kerjanya hanya have fun dan hang out membuang waktu, hanya karena kamu pikir ini suatu keharusan. Sadari waktu kamu dan begitu kamu mengetahui prioritasmu, tidak apa-apa untuk mengatakan “Tidak” pada sesuatu yang tidak berkaitan dengan apa yang ingin kamu capai.

Baca juga: Yuk, Ikutan Tokopedia Scholarship

Bangun networking
Luangkan waktu untuk membangun networking. Ini penting untuk menumbuhkan ide dan bisnis kamu serta menemukan orang-orang yang akan mendukung dan mempromosikan kamu. Berteman dan menjalin networking merupakan hal yang menarik. Bertemu dan terlibat dengan orang-orang tidak hanya membuat tetap fokus dan membumi, tetapi juga langkah strategis untuk sharing tentang bagaimana memahami para pelanggan dan menciptakan kemitraan berkelanjutan. Bersosialisasi dan networking yang positif dapat bermanfaat bagi bisnis dan kesehatan mental kamu.

Jangan lupakan diri sendiri
Dalam kesibukan mengembangkan usaha, fokus pada kuliah, dan mempertahankan prestasi kerja profesional, jangan lupa untuk meluangkan waktu untuk diri sendiri. Ini bisa termasuk waktu untuk menjaga kesehatan seperti jaga pola makan, spa dan refleksi, atau melakukan hobi. Dirimu merupakan aset paling berharga yang kamu miliki, jadi jangan abaikan kepentingan pribadi kamu.

Kunci untuk mendapatkan keseimbangan kerja, usaha, kuliah, dan kehidupan pribadi yang sukses semua bermuara pada pengenalan diri sendiri dan memahami pola produktivitas. Mencapai keterampilan manajemen waktu yang lebih baik akan membantumu menjadi lebih sukses dalam semua aspek kehidupan pribadi dan profesional. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply