Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, November 23, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Profesi Game Sound Designer, Unik dan Menantang!

Ilustrasi. Sumber foto: Voices.comIlustrasi. Sumber foto: Voices.com

Topcareer.id – Saat kamu bermain game, sadar enggak sih musik latar atau theme song-nya bisa membuat kamu merasakan suasana dari game tersebut. Komposisi suara inilah yang dikerjakan oleh Game Sound Designer.

Itu kenapa, untuk menjadi sound designer sebuah game, kita harus rajin-rajin mencari referensi untuk menghasilkan musik yang bagus dan sesuai.

“Biasanya saya mencari referensi-referensi dulu, baru mulai membuat 5 sketsa musik pendek. Kenapa harus 5, karena nanti enggak semuanya bisa diterima untuk jadi backsound atau theme song game,” ujar seorang game sound designer yang juga dikenal sebagai animator, Faiz Andrevano saat dihubungi Topcareer.id melalui sambungan telepon, Rabu (23/10/2019).

Baca juga: Ukuran Game Sukses di Pasaran Bukan Profit, Tapi…

Yang membedakan musik game dengan musik-musik pada media lainnya, adalah musiknya yang bisa tiba-tiba berubah tergantung momen dan pergerakan para pemainnya.

Kebanyakan musik untuk game juga berbentuk loopable, atau musik yang diulang-ulang.

Faiz menambahkan, salah satu titik kenikmatan menjadi game sound designer adalah ketika musik yang dibuat memberi dampak positif ke game, pemain, serta mendapat respon bagus dari pendengar.

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply