Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, November 23, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tantangan Berat Generasi Sandwich: Merawat Orang Tua dan Membesarkan Anak

Ilustrasi. Sumber foto: marketwatch.comIlustrasi. Sumber foto: marketwatch.com

Topcareer.id – Generasi sandwich biasanya adalah orang berusia 40-an sampai 70-an yang merawat orang tua mereka sendiri yang telah menua, sambil mengurus anak-anak yang mulai tumbuh dewasa.

Tidak mudah menjadi generasi ini. Tantangan berat yang harus dilalui bisa menyebabkan stres, bahkan menganggu kehidupan rumah tangga.

Karena itu, sangat disarankan untuk para generasi sandwich untuk mempersiapkan keuangan dengan baik supaya bisa menghadapi banyak hal tak terduga.

Dilansir dari thebalance.com, Kamis (24/10/2019), berikut beberapa langkah yang bisa mereka lakukan untuk melindungi kesehatan finansial dan emosi.

Bantu orang tua mengembangkan rencana pendapatan pensiun
Berbincang-bincang tentang uang dengan orang tua bisa menjadi tantangan. Namun, rencana pendapatan pensiun bisa membantu menghindari salah satu kesalahan pensiun terbesar yang dilakukan orang. Jadi tidak ada salahnya untuk dicoba.

Terus menabung untuk diri sendiri
Sangat penting untuk mengurus pensiun diri terlebih dahulu. Tapi jangan merasa harus berhenti di situ. Perhitungkan juga tentang tagihan medis atau rencana untuk sering bepergian. Jadi menabunglah lebih serius. Hindari dorongan untuk mengambil tabungan pensiun.

Baca juga: Hi Milenial, Ini Alasan Kamu Harus Berinvestasi!

Tinjau perawatan jangka panjang
Salah satu cara untuk mendanai perawatan jangka panjang bisa melalui asuransi. Tetapi kebijakan ini tidak murah dan mungkin sulit untuk memenuhi syarat yang tergantung pada riwayat medis tertentu.

Jadi jangan hanya mengandalkan satu jenis asuransi. Sertakan juga benefit yang ditawarkan oleh negara seperti BPJS sebagai perencanaan perawatan jangka panjang untuk keluarga.

Atur dana tabungan kuliah anak
Selain menabung untuk dana hari tua, perhatikan juga biaya sekolah dan kuliah anak. Ada cara lain untuk menekan biaya sekolah anak, seperti mengusahakan dan mendidik anak agar bisa mendapat beasiswa. Tapi ini tidak mudah, oleh sebab itu, mempersiapkan tabungan khusus pendidikan tetap harus dilakukan

Pertimbangkan masalah warisan
Hal ini cukup sensitif. Namun sebaiknya tetap disiapkan dan didiskusikan baik dengan orang tua, pun dengan anak. Rencanakan dan atur sebaik mungkin agar orang tua dan orang yang terkasih mendapat ketenangan pikiran.

Terorganisir dan ambil inventarisasi aset
Tekanan dalam merawat orang tua dan anak-anak seringkali akan membatasi diri untuk bergerak dalam jadwal harian.

Daripada mengabaikan keuangan pribadi, atur dan ciptakan beberapa efisiensi dalam perencanaan finansial. Saat ini sudah mulai banyak aplikasi keuangan untuk memenuhi semua itu. Manfaatkanlah.

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply