Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, November 21, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Enggak Mau Kerja Lembur? Kerja di Korea Selatan Saja

Ilustrasi. Sumber foto: Forbes

Topcareer.id – Kalau di Indonesia perusahaan sering menyuruh karyawannya untuk lembur, maka tidak begitu dengan Korea Selatan. Beberapa perusahaan di sana justru sedang giat-giatnya menghentikan budaya kerja lembur.

Korea Selatan memiliki jam kerja terlama di dunia. Di sana pegawai pemerintah rata-rata bekerja 2.739 jam setahun atau sekitar 1.000 jam lebih banyak daripada jam kerja di negara maju lainnya.

Melihat banyak karyawannya yang masih bekerja di atas jam 8 malam, beberapa perusahaan memiliki inisiatif dengan mematikan semua komputer setiap hari Jumat pukul 8 malam waktu setempat.

Kebijakan ini ternyata memicu pro dan kontra para karyawan di sana. Dikutip dari Bbc.com, Jumat (25/10/2019), ternyata ada 67,1% karyawan yang tidak menyukai komputer mereka dimatikan secara paksa seperti itu lho.

Dengan banyaknya pro kontra yang muncul, akhirnya pemerintah Korea Selatan menggantinya dengan mengeluarkan undang-undang untuk mengurangi jam kerja mingguan, yang tadinya 68 per jam kini dikurangi menjadi 52 jam per minggu.

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply