Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, December 6, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Minuman Bersoda Lebih Berpotensi Bikin Diabetes

(pixabay.com)

Topcareer.id – Sebuah penelitian baru-baru ini menyimpulkan bahwa minuman bersoda lebih berpotensi meningkatkan kemungkinan terkena diabetes tertentu, daripada makanan yang mengandung fruktosa (gula) lainnya.

Dalam studi yang dipublikasikan pekan lalu di British Medical Journal (BMJ), peneliti dari Rumah Sakit St. Michael di Toronto menyimpulkan minuman manis mengandung risiko diabetes tipe 2 yang lebih besar daripada kebanyakan makanan lain yang mengandung fruktosa, gula alami.

Para peneliti mengatakan, sebagian besar makanan yang mengandung fruktosa alami, seperti buah dan sayuran utuh, madu dan jus buah alami, tampak tidak memiliki efek berbahaya pada kadar glukosa darah.

“Tetapi minuman manis, kelebihan energi dan ‘miskin nutrisi’ untuk diet (yang) mungkin memiliki efek berbahaya,” tertulis dalam laporan tersebut.

Untuk sampai pada kesimpulan ini, para peneliti di St. Michael mengulas 155 penelitian berbeda yang menilai efek dari berbagai sumber makanan gula fruktosa pada tingkat glukosa darah pada orang  yang dengan dan tanpa diabetes, dimonitor hingga 12 minggu.

Para peneliti juga mengatakan beberapa buah dan jus buah mungkin memiliki efek menguntungkan pada glukosa darah dan kontrol insulin, terutama pada penderita diabetes ketika makanan ini tidak memberikan kalori berlebih.

“Temuan ini mungkin bisa memandu rekomendasi tentang sumber makanan penting fruktosa dalam pencegahan dan pengobatan diabetes,” kata John Sievenpiper, penulis utama studi tersebut, dalam sebuah pernyataan.

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply