Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, November 21, 2019
redaksi@topcareer.id
Tren

Ini Pesan Menteri Milenial untuk Generasi Muda Indonesia

Dok. Kemendikbud

Topcareer.id – Pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 Senin (28/10/2019) kemarin menjadi kali pertama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim memimpin upacara di kementerian yang ia pimpin. Hanya beberapa hari sebelumnya, menteri yang mewakili generasi milenial ini ditunjuk Presiden Jokowi.

Di upacara tersebut, Mendikbud Nadiem berpesan dan menyatakan bahwa berbagai kesempatan bagi generasi milenial telah terbuka. “Kawan-kawan pemuda, gerbang kita telah terbuka,” ungkap Nadiem dalam sambutannya di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jakarta.

Menurutnya, saat ini generasi muda Indonesia hidup dalam dunia yang bising karena banyak bisikan, godaan, dan pendapat. Di dalam kegaduhan tersebut sering sekali suara hati generasi muda terabaikan. Ia yakin pemuda Indonesia sadar di hatinya masing-masing, ke mana tujuan mereka ingin melangkah.

Baca juga: Kejadian Unik Seputar Sumpah Pemuda 1928 yang Kamu Mungkin Belum Tahu

Namun, kebisingan-kebisingan tersebut membuat generasi muda meragukan dirinya masing-masing, takut dipermalukan, takut dimusuhi, atau takut gagal. Ia pun memberikan motivasi kepada para pemuda.

“Kawan-kawan pemuda, satu-satunya kegagalan adalah kalau kita hanya diam di tempat. Dan satu-satunya kesuksesan adalah kalau kita terus melangkah ke depan. Kita mungkin tersandung-sandung, kita mungkin jatuh, tapi kita tidak akan tiba di tujuan hati kita kalau kita tidak melangkah bersama,” ujarnya.

Baca juga: Lompatan Karier Nadiem Makarim Hingga Duduki Kursi di Kabinet Jokowi

Ia mengimbau generasi muda untuk terus melangkah dan tidak hanya menunggu dunia berubah, karena dunia ada di tangan pemuda. “Asal kita berani melangkah, kita tak akan pernah kalah,” tuturnya.

Selain berkarakter moral dan kinerja yang tangguh, generasi muda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni dan terus berinovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply