Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, November 23, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Tak Cukup Jago Photoshop, Graphic Designer Wajib Kuasai Ini

Dok. Unsplash

Topcareer.id – Menjadi seorang desain grafis atau graphic designer tidak hanya dituntut menguasai hard skill seperti photoshop dan typography semata. Dalam menjadi desain grafis kamu juga harus menguasai soft skill-nya jika ingin sukses.

Mengutip Rtist.com.my, Rabu (30/10/2019), berikut ini soft skill yang harus dikuasai oleh seorang desain grafis.

Komunikasi
Sebagai seorang desainer, salah satu tugas wajib kamu untuk mengkomunikasikan visi klien dalam grafik yang estetis dan fungsional. Bayangkan bila kamu tidak memiliki keterampilan komunikasi padahal kamu telah mendapatkan proyek impian karena portofolio kamu yang luar biasa, tetapi ketika tiba saatnya untuk menyampaikan ide kepada klien, kata-kata kamu tidak sesuai dengan keahlianmu. Skill desain grafis tidak akan lengkap tanpa kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik.

Baca juga: Bagaimana Menonjolkan Skill Kamu Saat Melamar Kerja

Manajemen waktu
Desainer grafis biasanya memiliki sejumlah tanggung jawab kepada sejumlah orang sekaligus. Kebanyakan seorang desain grafis cenderung mengambil lebih banyak freelance daripada pekerjaan dari kantor untuk meningkatkan income. Di sinilah manajemen waktu yang baik diperlukan.

Mampu mengatur waktu secara efektif tidak hanya memungkinkan kamu untuk memberikan kualitas maksimal untuk pekerjaan tetapi juga bisa mengurangi stres secara keseluruhan.

Mengetahui audiens
Seorang desainer grafis harus selalu mendesain untuk audiens mereka dan tidak untuk diri mereka sendiri. Mereka biasanya akan ditugaskan membuat gambar untuk memikat tipe orang yang sangat spesifik. Merupakan tugas kamu untuk mengetahui dengan tepat bagaimana dan jenis visual apa yang bisa digunakan untuk menarik audiens.

Baca juga: Data Bicara: Skill Pekerja Indonesia di Bawah Vietnam

Networking
Baik kamu freelance atau pekerja tetap sebagai desainer grafis, memiliki networking merupakan hal terpenting untuk dimiliki. Cara yang baik untuk membangun jaringan dengan aktif di media sosial, membentuk hubungan yang baik dengan klien, dan tetap berhubungan dengan mitra proyek sebelumnya. Memiliki lebih banyak teman akan membuat kamu semakin maju.

Good attitude
Desain grafis secara umum tidak mudah. Kegagalan dan frustrasi pasti akan datang dan pergi, dan satu-satunya yang konstan dalam hal ini adalah dirimu sendiri. Cara kamu belajar dan beradaptasi dari kegagalan bisa menjadi aset terbesar kamu. Mampu tetap positif tidak hanya menarik lebih banyak orang untuk bekerja dengan kamu, tetapi juga membuat kamu berada dalam kondisi mental yang baik. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply