Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, December 6, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Lakukan Ini saat Perusahaan Tak Menggaji dengan Layak

Ilustrasi. Sumber foto: The LaddersIlustrasi. Sumber foto: The Ladders

Topcareer.id – Setiap orang bekerja untuk meraih apa yang mereka ingin capai. Mulai dari kebutuhan pribadi hingga keluarga. Sayangnya, masih banyak perusahaan yang enggan membayar karyawannya dengan gaji yang layak.

Lalu bagaimana jika perusahaanmu adalah salah satunya? Mengutip thecollegeinvestor.com, Rabu (30/10/2019), berikut ini cara yang bisa kamu lakukan.

Ajukan kenaikan gaji
Jika kamu tidak dibayar cukup, kamu harus meminta kenaikan gaji. Ini pemikiran yang menakutkan. Namun itu tidak akan pernah berubah jika kamu tidak pernah bertanya.

Sebagian besar perusahaan memberikan kenaikan sekitar 3-5% setiap tahun. Tapi bagi kebanyakan orang, kenaikan ini biasanya tidak membuat perbedaan ketika memasukkan perhitungan pajak dan potongan lainnya. Karena itu, untuk mengatasi ini, cobalah mengajukan kenaikan gaji.

Sebelum meminta kenaikan gaji, ada baiknya kamu melakukan riset dulu. Setelah itu, siapkan alasan yang kuat mengapa kamu memerlukan kenaikan gaji.

Jangan hanya mengajukan kenaikan gaji, tegaskan juga pada perusahaan bahwa kamu akan memberikan kontribusi yang lebih optimal lagi.

Cari peluang di tempat lain
Jika kamu tidak berhasil meyakinkan atasan untuk kenaikan gaji dengan alasan apa pun, hal berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah mulai mencari peluang baru di luar perusahaan kamu. Lakukan pencarian pekerjaan dengan tenang sampai mendapatkan pekerjaan baru sebelum kamu mengumumkan kepada semua orang bahwa kamu akan pergi.

Baca juga: Gaji Tak Jauh Beda dengan Pilot Jet Komersil, Mengapa Pilot Muda Enggan Masuk ke Penerbangan Perintis

Negosiasi di awal pekerjaan baru
Ketika kamu memasuki pekerjaan baru, penting bagi kamu untuk mengetahui dengan jelas berapa gaji yang akan kamu dapatkan. Melakukan hal ini juga harus berdasarkan riset. Tetap berpegang teguh pada angka yang kamu butuhkan, dan dapatkan gaji yang sesuai sejak awal.

Cari income tambahan
Mungkin saja kamu mencintai pekerjaan ini karena itu memberimu banyak kepuasan pribadi di luar gaji yang kurang bisa diandalkan. Namun, kamu harus tetap pikirkan apa yang bisa kamu lakukan untuk membayar tagihan.

Cobalah untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Apakah itu berupa memulai kesibukan sampingan atau mendapatkan penghasilan secara pasif melalui investasi.

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply