Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Kapan Waktu Terbaik Konsumsi Buah?

Ilustrasi. Sumber foto: Elite DailyIlustrasi. Sumber foto: Elite Daily

Topcareer.id – Kaya nutrisi, mineral, serta serat, membuat buah-buahan menjadi asupan makanan yang sangat dianjurkan demi kesehatan. Meski begitu, kita harus mengonsumsinya dengan cara yang tepat agar manfaatnya bisa kita serap seutuhnya.  

“Buah-buahan paling baik dicerna dengan perut kosong,” ucap Pelatih gaya hidup, Luke Coutinho dalam DNTV.

Luke menambahkan, melakukan moderasi dan kontrol porsi adalah kunci untuk membuat tubuh tetap sehat, terlepas dari makanan yang dikonsumsi. Ini akan membantu menurunkan sekaligus menjaga berat badan agar ideal.

Apa yang dituturkan Luke memang beralasan. Meski baik, mengonsumsi buah-buahan secara berlebihan dapat menyebabkan malabsorpsi dan iritasi fruktosa di usus, yang mengarah pada kembung, sindrom iritasi usus, asam lambung, usus bocor, dan juga meningkatkan kadar gula darah.

Baca juga: Minuman Bersoda Lebih Berpotensi Bikin Diabetes

Ahli gizi, Pooja Malhotra juga berpendapat bahwa buah-buahan paling baik dimakan saat pagi hari. Dia juga menyarankan agar bisa memakan buah-buahan di sela waktu makan. Namun, hindari makan buah setelah makan besar.

“Rata-rata, kamu mengonsumsi sekitar 300-400 kalori dalam sekali makan. Buah-buahan memiliki fruktosa, yang dapat menambah jumlah kalori yang dikonsumsi dalam sekali makan. Buah-buahan tidak boleh dimakan setelah makan. Tidak boleh dicerna bersama dengan makananmu,” kata Pooja.

Mengonsumsi buah-buahan bersama dengan makanan utama bisa membuat kita sembelit. Ini juga dapat menyebabkan sakit perut dan penumpukan gas.

Selain itu, mengonsumsi buah sebelum atau sesudah makan dapat menyebabkan pembentukan asam lambung, menyebabkan rasa terbakar,  dan gangguan pencernaan.

Untuk itu, kita sebaiknya mengonsumsi buah segar, hindari mengonsumsi makanan utama setidaknya setengah jam setelah mengonsumsi buah. Selain itu, konsumsilah buah musiman untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply