Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, December 11, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Riset: 82% WNI di Luar Negeri Siap Kontribusi Bangun Indonesia

RBTH.com

Topcareer.id – Mungkin sudah banyak contoh orang Indonesia yang semula sekolah, bertempat tinggal di luar negeri kembali ke Indonesia untuk berkontribusi. Bahkan, dari riset yang dilakukan Michael Page 82 persen dari returness atau diaspora Indonesia ini siap mendukung pemerintah perkuat Sumber Daya Manusia (SDM).

Michael Page (perusahaan multinasional dalam bidang perekrutan) melakukan sebuah riset terhadap 1.269 responden untuk menggali lebih banyak temuan tentang bagaimana pandangan mereka yang kembali ke Indonesia mengenai kesempatan kerja dan pengembangan karier mereka di Indonesia.

Riset ini juga menelaah bagaimana aspirasi mereka dalam meningkatkan kompetensi berbekal pengetahuan dan solusi terbaik yang dimiliki dari pengalaman saat bekerja di luar negeri.

Baca juga: Tantangan SDM Unggul untuk Indonesia Maju di Era Revolusi Industri 4.0

Riset yang dilaksanakan pada Juli 2019 ini, ditemukan bahwa 44% dari returnees (mereka yang kembali ke Indonesia) siap jika harus mengalami penurunan sekitar 5-15% dari gaji pokok yang mereka biasanya terima saat bekerja di luar negeri.

Namun, mempertimbangkan pengalaman mereka sekolah dan bekerja di luar negeri sebelumnya, mereka masih mengharapkan gaji mereka tetap 25% lebih tinggi dari pekerja Indonesia yang tidak memiliki pengalaman sekolah atau bekerja di luar negeri.

Baca juga: Bangun SDM Industri Kompeten, Kemenperin Dorong Kualitas Institut

Selain itu, 56% dari mereka (berbekal pengalaman sekolah dan bekerja di luar negeri) juga bersedia untuk menyuarakan pendapat atau ide mereka setiap kali kesempatan muncul, tanpa perlu menunggu ada sesi penilaian (appraisal) terlebih dahulu.

“Tentu saja ini indikasi yang baik, karena sebagian besar perusahaan di Indonesia mencari kualitas dan sikap seperti itu saat mereka tengah dalam proses merekrut pekerja Indonesia yang berasal dari luar negeri (returnees),” kata Monio Lim, Associate Director Michael Page Indonesia.

“Itu sebabnya kami memutuskan untuk melakukan riset ini, yaitu untuk mengetahui dan mempelajari aspirasi mereka serta apa yang menjadi alasan mereka saat memutuskan kembali ke Tanah Air dan berkarier di sini,” tambahnya dalam rilis yang diterima oleh Topcareer.id.

Ingin bantu ekonomi Indonesia

Olly Riches, President Director Michael Page Indonesia menambahkan pihaknya berkomitmen untuk terus mendukung pemerintah Indonesia secara berkesinambungan dalam memperkuat sumber daya manusia dengan menyediakan karyawan-karyawan yang berkualitas di berbagai sektor industri.

Menurut Olly, riset yang berjudul Michael Page Employer’s Guide to Indonesian Returnees ini sangat bermanfaat karena dapat membantu dalam memastikan ketersediaan profesional Indonesia terbaik bagi perusahaan-perusahaan yang membutuhkan.

“Yang juga menarik bagi saya, riset ini memperlihatkan bahwa 17% dari mereka yang kembali ke Indonesia juga memiliki keinginan serta mencari kesempatan untuk berkontribusi bagi perekonomian Indonesia,” ucap dia.

Michael Page, perusahaan multinasional dalam bidang perekrutan yang berkantor pusat di Inggris dan mengkhususkan diri dalam mencari dan menawarkan kandidat-kandidat manajer tingkat menengah hingga senior untuk berbagai perusahaan di Indonesia, melanjutkan kampanye komunikasinya berjudul Membangun Negeri. *

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply