TopCareerID

Jurusan Kuliah yang Tidak Berguna di Zaman Now

Cara memilih kampus yang tepat.

Ilustrasi (Dok. LinkedIn)

Topcareer.id – dalam dunia otomatisasi yang semakin meningkat dan keamanan kerja yang semakin berkurang, mungkin kelihatannya memiliki semacam gelar sangat penting jika kamu ingin mengamankan masa depanmu.

Tetapi banyak jurusan kuliah kurang membantu daripada jurusan yang lain. Jurusan ini tidak akan membuat kamu mendapatkan apa pun.

Ini adalah beberapa jurusan yang paling tidak berguna di luar sana, menurut sebuah studi dari Kiplinger menggunakan data gaji dari Biro Statistik Tenaga Kerja AS atau BLS.

Baca juga: Kerja, Kuliah dan Wirausaha. Bagaimana Cara Atur Waktunya?

1. Fotografi

Smartphone di sakumu adalah salah satu alasan Kiplinger menyebut gelar ini sebagai yang terburuk dalam daftar. Kamera pada ponsel saat ini dapat memungkinkan siapa saja untuk mengambil foto berkualitas profesional.

Kamu tidak perlu gelar fotografi untuk menjadi seorang fotografer, tetapi jika ingin mencari nafkah di bidang itu, mengharapkan gaji yang tidak terlalu besar dan persaingan ketat di bidang yang semakin menipis. Pada 2026, Amerika Serikat akan memiliki 8.000 lebih sedikit pekerjaan fotografer daripada yang ada pada 2016, kata BLS.

2. Ilmu hewan

Ilmu hewan berfokus pada studi tentang ternak. Ini adalah gelar yang akan mempersiapkan kamu untuk bekerja meningkatkan pertanian dan praktik pemuliaan, untuk memenuhi kebutuhan dunia yang lapar.

Karena pertanian adalah industri bernilai trilyun dolar di Amerika Serikat, jurusan ini mungkin tampak sebagai pilihan yang baik untuk lulusan perguruan tinggi yang baru saja mencari pekerjaan yang aman. Tetapi bayarannya relatif rendah, dan pekerjaan sedikit. Sebagai gantinya, pelajarilah: ilmu makanan dan nutrisi.

3. Ilmu olahraga

Ilmu ini mengeksplorasi atletis, pelatihan pribadi dan cara kerja tubuh manusia. Mengingat pertumbuhan industri kebugaran dan kesehatan, jurusan ini mungkin tampak seperti berlari menuju keamanan kerja sebagai pelatih.

Tetapi jika kamu seorang penggemar kebugaran, kamu mungkin ingin mempertimbangkan kembali. Meskipun permintaan untuk pelatih tumbuh pada tingkat yang lebih cepat dari rata-rata, bayarannya tidak terlalu berotot. Dan, kamu mungkin harus bekerja malam, akhir pekan atau hari libur, kata BLS.

Sebagai gantinya, pelajarilah: terapi fisik atau okupasi, atau kinesiologi (ilmu gerak).

Baca juga: Yakin Kuliah di Kampus Bergengsi Gampang Dapat Pekerjaan?

4. Aktor Teater

Kamu mungkin suka tampil, tetapi mengambil jurusan teater dapat dengan serius membatasi pekerjaanmu dan prospeknya. Peluangnya tipis, dan kamu mungkin tidak akan pernah mendapatkan terobosan besar itu.

Banyak lulusan jurusan teater berakhir dengan pekerjaan kantor atau ritel. Situs perbandingan gaji PayScale menempatkan teater musikal di bagian bawah daftar peringkat 403 untuk gaji, dan mengatakan hanya 40 persen dari lulusan itu percaya bahwa pekerjaan mereka membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. *

Editor: Ade Irwansyah

Exit mobile version