Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memilih Partner Bisnis

Ilustrasi. Sumber foto: Sharp

Topcareer.id – Memulai bisnis dengan teman tak ada salahnya, namun tetap perlu diperhatikan agar tak salah langkah dan malah menyebabkan kerugian. Renungkan apakah kamu benar-benar membutuhkannya.

Jika kamu memutuskan itu adalah ide yang bagus, pastikan kamu mendapatkan kecocokan terbaik dengan nilai, tujuan, gaya kepemimpinan, dan keterampilanmu sendiri.

Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk menghindari kemitraan yang buruk, dari laman Entrepreneur.

Kepercayaan

Ini hal pertama yang tercantum dalam daftar. Intinya, apakah kamu mempercayai orang ini ketika kamu harus berbagi soal rekening bank pribadimu. Jika jawabannya tidak, pikirkan dua kali. Sebagai mitra, setiap rupiah yang kamu belanjakan secara proporsional memengaruhi buku cek pribadimu.

Persahabatan

Jika orang itu adalah sahabatmu, pastikan bahwa tujuan, nilai, dan tanggung jawab mereka selaras denganmu. Lihatlah kehidupan pribadi mereka dan seberapa stabil itu. Masalah pribadi dapat dengan mudah mempersulit kehidupan profesional mereka. Jika ada keraguan, jangan lakukan itu.

Percobaan

Pilih orang yang memiliki pengalaman denganmu di tempat kerja, di organisasi nirlaba atau di proyek. Kamu harus tahu apakah mereka pemain tim dan bagaimana mereka bersikap dalam situasi sulit. Jika kamu sama sekali tidak memiliki pengalaman dengan mitra potensial, lakukan uji coba untuk jangka waktu tertentu.

Mitra, karyawan atau konsultan

Jangan bermitra dengan seseorang hanya karena kamu tidak mampu mempekerjakan mereka. Lebih baik mempekerjakan mereka sebagai konsultan daripada memberikan bagian dari perusahaanmu atau mengetahui kemudian bahwa dia bukan mitra yang baik untukmu.

Kekuatan yang bervariasi

Pastikan kekuatan skill yang kamu miliki dan partnermu berada di area yang berbeda. Jika kamu memiliki dua orang yang pandai dalam penjualan dan tidak ada yang pandai mengeksekusi di tingkat operasional, itu akan lebih menantang daripada yang kamu pikirkan. Pertahankan keseimbangan.

Tanggung jawab yang seimbang

Kedua belah pihak harus sepakat di awal mengenai tanggung jawab masing-masing. Berpegang teguhlah pada kesepakatan itu. Jika satu orang terus berusaha untuk mengambil alih dan melakukan segala sesuatu, maka kemitraan akan mulai terurai dan perasaan dendam akan bertambah.

Uang

Sama seperti dalam pernikahan, uang selalu menjadi salah satu masalah utama dalam kemitraan bisnis. Karena itu, sepakati di awal bagaimana kamu akan menggunakan dana yang dihasilkan dan bagaimana keuntungan akan didistribusikan.

Penilaian/kontrak

Tentukan formula untuk menentukan nilai perusahaan jika saja salah satu mitra memutuskan untuk pergi. Hal ini berguna supaya tidak terjadi perselisihan. Perjanjian jual beli sangat berguna untuk membahas semua kemungkinan dan bagaimana mereka akan ditangani sebelum menjadi kenyataan.

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply