Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, November 21, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Suka Dimanfaatkan Rekan Kerja? Begini Cara Menghentikannya

Ilustrasi. Sumber foto: Business Comparison

Topcareer.id – Pernahkah kamu menemukan dirimu terjebak pada suatu kondisi di mana rekan kerja di kantor memanfaatkan dirimu.

Misalnya, kamu menjadi ketua panitia pesta ulang tahun kantor, dan tanggung jawab penuh ada pada dirimu hanya karena tidak ada yang mau.

Mungkin efeknya tidak terlihat dalam jangka pendek. Namun dalam jangka panjang, terlalu sering dimanfaatkan orang efeknya buruk pada diri sendiri.

Jadi apa yang kita bisa lakukan untuk berhenti dimanfaatkan oleh orang lain? Dilansir dari themuse.com, Jumat (01/11/2019), berikut ini beberapa cara mengatasinya.

  • Beri orang lain kesempatan
    Jika ada anggota tim yang memintamu untuk mengerjakan tugasnya, coba tolak secara baik-baik. Biarkan ia mencari anggota lain untuk dimintai tolong. Dengan tegas menolak, orang lain tidak akan berani lagi untuk memanfaatkanmu.
  • Jadilah lebih menyayangi diri sendiri
    Untuk berhenti dimanfaatkan, kamu harus belajar memperlakukan diri sendiri dengan rasa hormat yang sama terhadap orang lain. Kenali value kamu, dan kuatkan keinginan untuk menjadi penasihat bagi diri kamu sendiri.
  • Tetapkan batas
    Kamu tidak bisa mengatakan “tidak” untuk setiap tugas yang tidak ingin kamu lakukan. Lagipula, setiap orang harus meluangkan waktu setiap hari untuk melakukan hal-hal yang tidak mereka sukai. Berlatihlah untuk berani mengatakan “tidak” atau setidaknya, “tidak sekarang.”
  • Belajar menangani konflik
    Awalnya kamu mungkin merasa tidak nyaman dengan konflik. Alih-alih menghindarinya, persiapkan keterampilan manajemen konflik kamu terlebih dahulu. sehingga kamu bisa menangani konflik dengan rasa percaya diri.

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply