Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, November 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Yuk Perbaiki Penampilan di Tempat Kerja, Begini Caranya

Dok. Marie Claire

Topcareer.id – Apakah menurut kamu penampilan tidak diperhitungkan di tempat kerja? Coba pikirkan lagi. Kualitas pekerjaanmu mungkin yang terpenting, tetapi penampilan kamu juga akan meninggalkan kesan langsung pada kolega dan manajemen.

Eksentrisitas mungkin diizinkan dalam beberapa perusahaan. Namun, jika perusahaan kamu memiliki kebijakan kode berpakaian yang mengharuskan kamu berpenampilan baik dan rapi, tentu kamu harus patuhi.

Di dunia profesional, kesan pertama dari penampilanmu akan bertahan lama. Berpakaian bagus tidak hanya akan meningkatkan kepercayaan diri dalam penampilanmu, tetapi juga akan membuat orang lain terkesan.

Mengutip skillsportal.co.za, Senin (04/11/2019), di bawah ini ada cara untuk berpenampilan bagus di tempat kerja.

  • Dandan (Grooming)
    Tiba di tempat kerja dengan rambut singa mungkin tidak melanggar kebijakan perusahaan, tetapi rekan kerja kamu akan membicarakanmu. Kecerobohan merupakan tanda tidak menghargai diri sendiri dan pekerjaan, setidaknya di mata manajemen. Penting untuk tidak mengabaikan pentingnya menjaga kebersihan gigi dan mulut, kuku, serta menjaga gaya rambut dengan benar. Jangan pernah mengenakan pakaian yang kusut atau kotor, terlalu longgar atau terlalu ketat, dan jangan mengenakan sepatu kotor. Ini mungkin elemen kecil dari penampilan yang cenderung diabaikan padahal itu penting. Pastikan untuk merawat diri sendiri secara teratur.
  • Dress to impress
    Tidak masalah apa yang kamu coba sampaikan tentang kepribadianmu, kesan pertama selalu terletak pada penampilan dirimu. Jadi saat kamu ragu dalam memutuskan menghabiskan biaya tambahan untuk outfit yang baik, pikirkanlah. Kamu perlu mempertimbangkan bagaimana orang lain akan memandangmu berdasarkan penampilan luar kamu.
  • Hormati aturan perusahaan
    Setiap perusahaan memiliki seperangkat aturan dan kebijakan yang berbeda. Dress code dalam organisasi menandakan keseragaman dalam sistem yang merupakan persyaratan kritis. Hal ini memiliki dampak psikologis pada orang yang bekerja di sana, sementara beberapa perusahaan lain memberikan kebebasan memilih outfit yang akan dikenakan karyawannya. Aturan dress code juga masih merupakan sesuatu yang perlu dipahami oleh setiap orang dengan hati-hati.

Apa dress code umum berpakaian untuk pria?

Pria biasanya memiliki lebih sedikit pilihan dalam hal pakaian. Tetapi banyak hal yang perlu diperhatikan dalam penampilan dan perawatan mereka. Jika kamu berada di lingkungan perusahaan, disarankan untuk memiliki rambut yang terpangkas rapi dan tidak brewokan.

Kombinasikan bersama kemeja dan celana panjang dengan sepatu dipoles. Warna kemeja jangan terlalu flamboyan tetapi sederhana dan cerdas. Jika kamu berada di bidang kreatif, kamu memiliki lebih banyak kebebasan dan pilihan berpakaian dibandingkan dengan struktur bisnis. Ide utama di balik gaya penampilan kerja di bidang kreatif adalah untuk menonjolkan kepribadian kamu.

Bagaimana dengan para wanita?

Wanita yang bekerja di lingkungan formal sebaiknya mengenakan setelan bisnis klasik atau rok dan blazer. Pertimbangkan warna netral abu-abu, hitam, putih atau coklat. Desain dan gaya pakaian harus sederhana dan tidak terlalu sering digunakan. Coba hindari aksesori yang tebal dan pilih anting-anting yang bagus untuk melengkapi pakaian kamu.

Jika kamu berada pada ruang kreatif di tempat kerja, disarankan untuk memilih pakaian dengan memperhatikan detail kecil, hindari kerah leher terlalu terbuka dan rok yang sangat pendek.

Mungkin terdengar aneh untuk mengawasi penampilan di tempat kerja, tetapi begitu kamu memahami manfaatnya, menjalaninya tidak akan menjadi masalah lagi. Sangat disarankan untuk mengikuti aturan berpakaian yang sesuai di perusahaan.

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply