Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, November 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ingin Jadi Executive Assistant Hebat? Miliki 5 Karakteristik Ini

Ilustrasi. Sumber foto: CareerBuilderIlustrasi. Sumber foto: CareerBuilder

Topcareer.id – Seorang executive assistant dituntut menguasai Outlook, Excel, Word dan PowerPoint. Mereka juga jagoan di manajemen waktu, akuntansi, penggajian, dan media sosial.

Mereka mengoordinasikan pertemuan, mengatur perjalanan, memilih vendor, menegosiasikan kontrak, mengelola kalender, menyiapkan laporan, mengawasi staf, dan banyak lagi tugas yang mereka lakukan untuk CEO-nya.

Singkatnya, mereka sangat diperlukan. Melansir asaporg.com, Senin (04/11/2019), berikut ini lima dari banyak karakteristik yang bisa membuat executive assistant menjadi luar biasa dan tetap berada di puncak.

  1. Profesional
    Executive assistant memperlakukan semua orang dalam perusahaan atau kantor dengan hormat. Mereka tidak bermain politik kantor, bergosip tentang rekan kerja atau bos, dan tidak mengkhianati rahasia perusahaan.
  2. Kolaborasi
    Executive assistant teladan memandang diri mereka sebagai mitra CEO-nya. Mereka bekerja dengan CEO untuk mencapai tujuannya, menyelesaikan tugas-tugas yang akan menyumbat jadwal CEO dan selalu berusaha untuk membuatnya terlihat baik. Loyalitas mereka dihargai dengan kepercayaan tersirat dari CEO.
  3. Keterampilan organisasi luar biasa
    Bukan kebetulan jika seorang executive assistant tenang dalam masa krisis. Kemampuan ini mereka miliki karena terbiasa mengetahui segala sesuatu yang terjadi dengan semua orang hingga bosnya, departemen, dan organisasi secara keseluruhan. Mereka juga mengetahui status setiap proyek yang sedang berjalan. Orientasi pada detail dan sikap proaktif memungkinkan para executive assistant tetap bisa mengendalikan diri apa pun tekanan yang mereka alami.
  4. Komunikasi yang baik
    Skill komunikasi langsung yang ringkas, dan persuasif sebagai executive assistant sangat penting dimiliki. Karena mereka sering kali menjadi orang pertama yang menyambut klien, pelanggan, dan vendor perusahaan.
  5. Siap bekerja ekstra
    Semua executive assistant bersedia untuk belajar. Mereka mengikuti prosedur, teknologi, dan perangkat lunak baru. Mereka pemikir independen yang tidak perlu berpegangan tangan. Jika mereka kewalahan mereka akan memprioritaskan dan mendelegasikan tugas pada karyawan, kemudian secara proaktif menindaklanjutinya. Mereka tidak kenal lelah dalam menyelesaikan masalah, menghindari krisis, dan memenuhi komitmen.

Setiap executive assistant yang berkinerja tinggi merupakan orang yang cerdas, percaya diri, fleksibel, andal, dan terorganisir dengan baik. Hal ini membuat mereka menjadi aset yang sangat berharga bagi CEO dan perusahaan tempat mereka bekerja.

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply