Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, November 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

6 Cara Memerangi Pemanasan Global dari Dalam Kantor

Topcareer.id – Dampak perubahan iklim sudah terjadi dan terasa di mana-mana. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk membantu memerangi pemanasan global. Termasuk dalam lingkungan kantor.

Dari lampu hingga AC dan limbah makanan, kantor menyumbang hampir 20% dari seluruh konsumsi energi komersial, menurut World Resources Institute.

Stephanie Dickson, salah satu pendiri gerakan sadar Green Is The New Black, membagikan kiatnya untuk membuat kantor sedikit lebih hijau dalam CNBC.

Mulai tim hijau di tempat kerja

Membentuk tim dengan rekan kerja yang berpikiran sama bisa menjadi cara yang bagus untuk mendorong ide dan agenda baru. Termasuk dalam mengkampanyekan kehidupan kantor yang ramah lingkungan.

Hindari plastik sekali pakai

Menyetop pemakaian plastik sekali pakai dapat menjadi cara yang menantang namun efektif untuk mengurangi dampak lingkungan kantor. Mulailah dengan membawa gelas plastik dan kotak yang bisa digunakan kembali.

Dapatkan dukungan dari rekan dengan aturan game. Buat papan peringkat di mana rekan satu tim dapat memperoleh poin karena menolak plastik sekali pakai, atau bagi mereka yang menggunakan plastik sekali pakai harus bayar Rp 20 ribu. Uangnya nanti bisa digunakan untuk donasi atau amal.

Daur ulang dan gunakan kembali

Daur ulang adalah cara menjaga lingkungan yang mudah, tetapi mengejutkan ada banyak kantor yang tidak memiliki fasilitas yang sesuai.

Untuk mulai melakukannya, pastikan rekan kerja dididik tentang apa yang bisa dan tidak bisa didaur ulang, serta cara yang benar untuk melakukannya.

Di Singapura misalnya, 40% limbah daur ulang berakhir terkontaminasi karena orang tidak membersihkan barang-barang mereka terlebih dahulu.

Jadilah vegetarian

Peternakan adalah salah satu industri paling intensif di planet ini, menyumbang 9% dari semua emisi gas rumah kaca. Kamu dapat menangkal dampaknya dengan memilih diet vegetarian di tempat kerja. Coba selangkah lebih maju dengan memastikan bahwa semua katering untuk acara internal dan eksternal hanya vegetarian.

Pakai energi terbarukan

Energi terbarukan saat ini menghadirkan alternatif sumber energi tradisional yang tersedia dengan harga bersaing. Selangkah lebih maju dengan menerapkan mekanisme hemat energi, seperti mengatur semua layar komputer untuk mati setelah 5 menit tidak aktif.

Dapatkan perlengkapan kantor ramah lingkungan

Cobalah mencari produk alat tulis, kertas, pembersih, dan alat kantor lainnya yang diproduksi secara berkelanjutan dan telah menerima sertifikasi hijau.

Editor: Feby Ferdian

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply