Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, November 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Makan Siang Sendiri Ternyata Bisa Tingkatkan Produktivitas Kerja

Ilustrasi. Sumber foto: Korea DailyIlustrasi. Sumber foto: Korea Daily

Topcareer.id – Makan siang bersama rekan kerja memang baik untuk meningkatkan keterkaitan. Tapi, makan siang sendiri tak selamanya buruk. Bahkan, ada penelitian yang menunjukkan bahwa pekerja mungkin lebih baik menghabiskan istirahat makan siang sendiri daripada terikat dengan teman.

Itu adalah kesimpulan dari penelitian Rottman School of Management, yang menganalisis bagaimana 103 karyawan menghabiskan makan siang mereka setiap hari selama dua minggu dan meminta mereka untuk menilai tingkat energi mereka pada akhir hari.

Mereka yang makan siang sendirian tanpa menyelesaikan pekerjaan, dinilai paling santai, sementara pekerja yang melewati makan siang atau memilih untuk bersosialisasi selama istirahat sedikit lebih lelah.

Namun sejauh ini, situasi yang paling menguras energi adalah ketika para pekerja harus berpartisipasi dalam makan siang yang wajib bersama-sama (bersosial).

Para peneliti berpendapat bahwa ini adalah berita buruk bagi perusahaan yang tidak menyukai konsep makan siang sendirian atau memerlukan sosialisasi selama istirahat.

Namun, ini bukan alasan untuk bekerja melewati makan siang. Mengambil jeda untuk fokus pada makanan adalah kebiasaan yang dikaitkan dengan tingkat keterlibatan dan produktivitas karyawan yang lebih tinggi, menurut survei terhadap 1.600 karyawan di Amerika Utara.

Studi ini juga menemukan mereka yang mengambil istirahat makan siang setiap hari lebih cenderung efektif dan puas dengan pekerjaan mereka saat ini.

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply