Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, November 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Cegah Flu saat Bepergian dengan Pesawat

Ilustrasi. Sumber foto: SciTech EuropaIlustrasi. Sumber foto: SciTech Europa

Topcareer.id – Flu adalah salah satu penyakit yang sering ditemui dan mudah menular, apalagi ketika bepergian. Flu menular dari penyebaran kuman, termasuk ketika melakukan aktivitas perjalanan di udara.

Good Morning America ​​berbicara dengan seorang pramugari dan dokter untuk mendapatkan beberapa kiat mencegah penyebaran kuman flu saat bepergian dengan pesawat atau melewati bandara-bandara besar.

Apa saja? Yuk simak satu persatu.

Bersihkan permukaan komunal seperti meja nampan dan lengan kursi

Dr. Nicholas Testa mengatakan bahwa kamu harus waspada terhadap permukaan keras komunal di pesawat seperti meja nampan, sandaran lengan, serta hal-hal yang memang sifatnya publik.

“Virus flu akan hidup di permukaan yang keras selama 24 jam. Mereka (para petugas) tidak punya waktu untuk menyeka setiap stasiun. Jadi secara intrinsik kamar mandi lebih bersih daripada di sini,” kata Testa dalam ABC News.

Sejumlah operator besar mengatakan bahwa mereka membersihkan meja-meja baki dan permukaan keras lainnya di dalam kereta setiap malam, tetapi tidak selalu di antara penerbangan.

Val Halili, seorang pramugari, mengatakan bahwa ada trik untuk mencegah penyebaran kuman di udara atau pun yang sudah terlanjur menempel di tubuh. “Aku mencuci tanganku di setiap kesempatan,” ujarnya.

Nyalakan ventilasi udara

Udara di sebagian besar pesawat disirkulasikan melalui sistem yang menyaringnya dari langit-langit ke lantai setiap dua menit.

Menurut simulasi yang dilakukan oleh majalah Popular Science, jika satu orang dengan flu bersin, kuman dapat dengan cepat menyebar melalui udara langsung menuju penumpang yang duduk di belakang atau ke sisi orang itu.

Terkait hal itu, pendingin udara bisa menangkalnya.

“Kamu dapat menyalakan pendingin udara di atas kepala. Itu akan meningkatkan sirkulasi udara di depanmu,” kata Testa.

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply