Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Makan 2 Buah Kiwi Setiap Hari, Ini Manfaatnya!

dok.medicalnewstoday

Topcareer.id – Buah-buahan sangat bagus untuk kesehatan, tak terkecuali buah kiwi.

Konsumsi satu buah kiwi mungkin kamu akan mendapat satu kali manfaat. Tapi, konsumsi dua buah kiwi setiap hari bakal banyak kebaikan yang kamu rasakan untuk tubuh.

Berikut kebaikan-kebaikan yang kamu rasakan jika memakan dua buah kiwi setiap hari, seperti dikutip dari laman Food Prevent.

Jantung dan arteri yang sehat

Kiwi telah dinobatkan sebagai salah satu pengencer darah alami paling efektif, yang pada dasarnya mengurangi pembekuan darah, pembentukan trigliserida, dan meningkatkan sirkulasi. Semua ini setara dengan jantung dan arteri yang sehat.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Departemen Nutrisi di Universitas Oslo, Norwegia menemukan bahwa buah kiwi bermanfaat untuk penyakit kardiovaskular.

Para peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi dua atau tiga buah kiwi per hari selama 28 hari mengurangi respon agregasi trombosit ke kolagen dan ADP (denosine diphosphate) sebesar 18 persen.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Buah kiwi mengandung vitamin C dosis tinggi yang bertindak sebagai antioksidan yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. Bahkan, menurut The United States Department of Agriculture (USDA), kiwi mengandung hampir dua kali lipat vitamin C. Tidak kalah dengan jeruk segar yang sering disebut-sebut sebagai sumber vitamin C teratas.

Kiwi juga mengandung asam folat yang menghasilkan sel darah merah dan putih, serta antibodi yang melindungi tubuh dari infeksi.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Konsumsi Buah?

Meningkatkan mood dan energi ekstra

Aktivasi enzim yang terkandung dalam kiwi mampu meningkatkan tingkat energi metabolik dan membantu neurotransmitter untuk meningkatkan energi.

Penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Nutritional Science di Selandia Baru mempelajari 35 pria usia 18 hingga 35 tahun yang diberi kiwi selama periode 6 minggu.

Hasilnya, mereka yang mengonsumsi dua kiwi per hari menikmati peningkatan energi sebesar 31 persen.

Memperbaiki pencernaan

Kiwi mengandung enzim actinidin, yang mampu memperbaiki pencernaan. Sebuah penelitian di Universitas Hong Kong mengamati orang dewasa yang mengalami konstipasi kronis yang makan dua kiwi sehari selama sebulan.

Setelah penelitian, ditemukan bahwa subjek dewasa mengalami pengurangan 23 persen ketidaknyamanan, mengurangi waktu pencernaan 15 jam, yang menggandakan frekuensi gerakan usus mereka sebelumnya.

Memperbaiki tidur

Banyak orang percaya buah kiwi bisa membantu mendapatkan tidur nyenyak yang alami, dan penelitian telah mendukung klaim tersebut.

Sebuah penelitian dari Taipei Medical University, 24 relawan (2 pria, 22 wanita) berusia 20 hingga 55 tahun diberitahu untuk makan dua kiwi satu jam sebelum tidur, selama rentang empat minggu.

Setelah 4 minggu konsumsi buah kiwi, subjek ditemukan secara signifikan meningkatkan total waktu dan efisiensi tidur. Bahkan tidur hingga 15 persen lebih lama dan 41 persen lebih cepat tidur.

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply