Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, December 11, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Gosip di Tempat Kerja Bisa Membahayakan

Dok. Shutterstock

Topcareer.id – Ada garis tipis antara obrolan ringan dan gosip negatif di tempat kerja. Mengejutkannya dalam sebuah studi yang dilakukan, 96% subjek yang disurvei, artinya para karyawan, mengaku selalu berpartisipasi dalam gosip kantor.

Ketika obrolan santai menjadi gosip menjengkelkan, menyakitkan, atau memalukan itu tidak lagi bermanfaat dan berbahaya bagi siapa pun, dikutip dari Roberthalf.com.au, Senin (11/11/2019), berikut ini bahayanya.

Gosip kantor menyakiti perasaan dan kesehatan mental
Gosip memiliki efek intimidasi di tempat kerja dan kesehatan mental. Depresi, kecemasan, agresi, bahkan keluhan psikosomatik menyebabkan gejala fisik seperti migrain. Gosip negatif benar-benar mengubah cara orang yang terlibat dalam melihat dunia.

Baca juga: Trik Menghindari Gosip di Kantor

Merusak kredibilitas
Meskipun ini cara untuk membangun hubungan, gosip kantor negatif bisa menjadi bumerang. Penelitian secara rutin menunjukkan bahwa kepercayaan antar individu pada akhirnya dirusak oleh gosip. Masalahnya, jika kita mendengar gosip dari satu orang, apa yang menghentikan mereka dari bergosip tentang diri kita kepada orang lain?

Menciptakan lingkungan kerja yang beracun
Gosip negatif merupakan kebiasaan yang mahal. Tempat kerja yang bermoral rendah memiliki karyawan yang lebih banyak sakit, tidak masuk kerja, turnover tinggi, tingkat produktivitas rendah, dan menimbulkan praktik-praktik kontraproduktif yang berdampak buruk pada perusahaan. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply