Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, December 11, 2019
redaksi@topcareer.id
LifestyleProfesional

5 Cara YouTuber Menghasilkan Uang

Sumber foto: Bisnis BandungSumber foto: Bisnis Bandung

Topcareer.id – Evan Edinger, YouTuber Amerika yang tinggal di London, Inggris, kerap ditanya berapa banyak uang yang dihasilkan dari YouTube.

Evan yang punya 579 ribu subscriber menjawab bahwa perkiraan kasar pendapatannya cukup untuk membayar sewa dan beli beragam peralatan. Ia lantas menjelaskan bagaimana para YouTuber mencari nafkah.

Adsense

Dalam laman BBC, Evan mengatakan bahwa cara pertama YouTuber menghasilkan uang, melalui iklan. Dulu pendapatan dari iklan itu bisa besar, kata Evan, tetapi seiring berjalannya waktu dan karena YouTube telah berevolusi, lama-lama jadi kurang menguntungkan.

Evan mengacu pada iklan yang sering muncul sebelum video YouTube yang ingin ditonton mulai. Untuk setiap seribu impression (viewers) dari iklan yang diputar per video, YouTuber akan dibayar dengan jumlah tertentu. Ini dapat berkisar antara USD 1-USD 5 atau sekitar Rp 14 ribu hingga Rp 70 ribu rupiah (USD 1 = Rp 14 ribu).

Namun, pendapatan itu belakangan telah menurun. YouTube juga mengambil 50 persen dari keseluruhan pendapatan yang dihasilkan iklan. Dia menjelaskan, dengan hitungan sederhana, sejuta impression pada video mungkin setara uang antara USD 1.000 hingga USD 5.000. Kalau dirupiahkan kira-kira Rp 14 juta hingga Rp 70 juta.

Evan Edinger, YouTuber asal Inggris
Evan Edinger, YouTuber asal Inggris

Patreon

Evan menyampaikan, YouTuber menghasilkan uang melalui sesuatu yang disebut patreon. “Anggap saja sebagai toples tip online,” kata Evan.

“Ketika kamu melihat video, kamu bisa menyukainya atau tidak. Tetapi jika kamu benar-benar menyukai mereka dan ingin mendukung mereka, maka kamu dapat membayar sesuatu seperti satu dolar per video, atau satu dolar per bulan,” ucap Evan.

Beberapa YouTuber menyiapkan umpan khusus untuk itu, di mana penonton yang membayar dapat memperoleh akses ke konten eksklusif.

“Saya sudah menggunakan patreon selama sekitar satu tahun sekarang dan para penonton itu dapat menonton video saya sedikit lebih awal dan terkadang mereka bisa mengajukan pertanyaan. Ini sederhana, mudah dan saya tidak mengharapkan apapun.”

Baca juga: Alasan Generasi Zaman Now Lebih Senang Nonton Video

Affiliate Link

Pada dasarnya ini adalah ucapan terima kasih dari brand karena telah mempublikasikan mereknya kepada orang-orang. Jadi, jika kamu membeli sesuatu di situs web yang kamu klik melalui bio atau deskripsi YouTuber, mereka kemungkinan akan mendapatkan uang.

Merchandise

Poster, gelang, kemeja, dan produk lainnya yang dibuat, semua ini juga merupakan pemasukan YouTuber.

Brand ads

Evan menyampaikan, kesepakatan brand adalah bagaimana para YouTuber menghasilkan uang paling banyak. Ini saat perusahaan membayar YouTuber untuk membuat video tentang produk mereka dengan imbalan sejumlah besar uang tunai.

“Ini dapat membayar dua belas kali AdSense bulananmu. Kedengarannya tidak nyata, tetapi itu benar. Teman sekelas saya, Luke, secara harfiah mendapat kesepakatan brand dari sebuah perusahaan seharga 20.000 poundsterling (Rp 361 juta),” ucap Evan.

Berminat menjadi YouTuber?

Editor: Feby Ferdian

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply