Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, December 6, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Kematian Akibat Diabetes Terjadi Setiap 6 Detik

Dok. The Conversation

Topcareer.id – Duka masih terasa bagi tanah air, karena kehilangan sosok seniman kondang Djaduk Ferianto. Ternyata sebelumnya ia memiliki riwayat diabetes.

Diabetes merupakan penyakit yang berlangsung lama dengan ditandai kadar gula (glukosa) darah yang tinggi dan dapat menimbulkan berbagai gangguan dalam tubuh.

Penderita diabetes memang sedang meningkat di seluruh dunia dan negara-negara sedang berjuang untuk menguranginya. Berdasarkan data yang dirilis The International Diabetes Federation (IDF), ada 382 juta orang yang hidup dengan diabetes pada tahun 2013. Dan jumlah ini bisa meningkat menjadi 592 juta pada tahun 2035 mendatang.

Baca juga: Perempuan yang Lelah Kerja Secara Mental Berisiko Diabetes Tipe 2

Penyakit ini memang menjadi masalah besar karena dari 382 juta orang tersebut, 175 juta di antaranya belum terdiagnosis dan menyebabkan 5,1 juta orang meninggal tiap tahunnya. Hal ini menunjukan kematian akibat diabetes terjadi setiap 6 detik sekali.

Dilansir dari Natmonitor.com Kamis (14/11/2019) Kesalahpahaman bahwa diabetes adalah “penyakit orang kaya” dibantah oleh data dalam Atlas yang dikeluarkan oleh IDF. Sekitar 80% pengidap diabetes tinggal di negara berpenghasilan rendah dan menengah, dan mereka yang kurang beruntung secara sosial di negara mana pun adalah yang paling rentan terhadap penyakit ini.

Dengan begitu sebaiknya semua negara lebih menargetkan ke pencegahan dan pengurangan diabetes.

IDF juga memperkirakan bahwa pada akhir tahun 2013, 9,2 % atau sekitar 24,4 juta orang rentan terkena diabetes. Dari jumlah tersebut, 6,8 juta di antaranya tidak terdiagnosis dan ada 192.725 orang Amerika yang meninggal karena penyakit ini. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply